FREE! Iwatobi Swim Club - Review

Free! - Iwatobi Swim Club adalah anime yang rilis musim panas tahun 2013 kemarin. Anime ini juga diangkat dari novel karya Kōji Ōji yang berjudul High Speed. Karena banyak sekali antusias dari pecinta anime akhirnya dibuat dalam seri anime. Totalnya ada 12 episode. Bercerita Tentang 4 orang laki-laki bernama seperti perempuan yang disatukan dalam klub renang sejak Sekolah dasar. Mereka sangat suka sekali dengan olahraga renang dan mereka adalah klub renang terbaik.

asep11.info


Mereka harus berpisah dengan teman satu timnya yaitu Matsuoka Rin Karena dia akan memperdalam teknik olahraga renang di negara Australia. Saat SMA mereka kembali satu sekolah dan tidak melakukan olahraga renang lagi. Tetapi, Nagisa hazuki  berinisiatif akan membuat klub renang disekolah tersebut. Dengan dibantu seorang guru perempuan bernama Amakata Miho yang biasa disebut Ama-chan. Juga seorang siswi disekolah tersebut yaitu Gō Matsuoka adalah adiknya Matsuoka Rin. Anime ini  mengangkat kejadian sehari-hari dan didalamnya tidak ada hal yang berbau jurus-jurusan ilmu. Konflik yang terjadi antara Matsuoka Rin dan Haruka nanase bisa saja terjadi dikehidupan nyata. Rin ingin sekali mengalahkan Haru dalam renang tetapi sangat sulit, Rin pun pulang dari Australia dan mendapatkan hasil yang tidak maksimal. Sepulangnya dari Australia dia tidak satu sekolah dengan ketiga temannya di iwatobi, melainkan memilih sekolah renang samezuka, dan akan menjadi rival teman seklub pada waktu SD. 


1. Haruka Nanase
Tokoh utama yang saya suka dan menarik. Adalah seorang yang mempunyai sifat pendiam dan cenderung dingin terhadap siapapun, tak terkecuali dengan teman-temannya. Dia sangat mencintai olahraga renang, dia sering melalukan olahraga renang saat SD. Pada saat SMA dia tidak melakukan itu sama sekali karena sekolah ditempat dia belajar tidak ada kolam renang dan tidak ada klub renang. Sampai sampai dia selalu berendam di kamar mandi menggunakan celana renangnya, hanya untuk merasakan air. Haru pun selalu memakai celana renang dibalik celana utamanya. Dan selalu menggunakan celana renang model yang itu-itu saja. Saat melihat air dia selalu terlihat sangat antusias. Ketika berenang Haru hanya melakukan gerakan bebas dan tidak melakukan gaya selain itu. Dia juga tidak peduli dengan kemenangan ataupun kekalahan. Dia hanya ingin berenang bebas merasakan air dengan tubuhnya. 

Free! Haruka Nanase


2. Nagisa Hazuki
Seorang yang sangat periang juga kerap berlaku konyol. Ketika dalam menghadapi apapun dia selalu terlihat senang dan tidak pernah memperlihatkan wajah yang murung, dan mempunyai wajah polos, dia juga yang mengusulkan diadakannya klub renang di sekolah Iwatobi. Nagisa selalu memberikan-usul usul menarik dan juga dia adalah yang terpendek diantara teman-temannya. Ketika berenang dia adalah spesialis gaya dada.

Free! Nagisa Hazuki


3. Makoto Tachibana
Karakter kedua yang saya suka dari anime ini ada pada Makoto Tachibana, karakternya baik loyal dia selalu tahu keadaan klubnya juga suasana hati teman-temannya. Dia juga ketua klub renang Iwatobi, selalu melihat dari sisi lain teman-temannya. Dan dia adalah perenang spesialis gaya punggung. Makoto trauma dengan laut karena pernah mengalami hal buruk dimasa lalunya. Walaupun begitu dia yang mengusulkan teman se klub renangnya untuk berlatih beberapa hari dilaut.

Free! Makoto Tachibana


4. Rei Ryugazaki
Adalah seorang pelajar yang sangat pintar dan berprestasi. Dia juga adalah anggota baru diklub renang iwatobi, sebenarnya karena dipaksa oleh Nagisa. Tetapi, pada akhirnya dia meyukai olahraga renang. Hobinya membaca dan dia adalah atlet lompat galah. Ketika sebelum memulai lompat galah Rei selalu komat kamit memperkirakan jarak,tinggi, gravitasi tekanan tongkat galah, akhirnya dia berhasil melompat dengan indah sesuai perkiraannya
Karakter dia disini serius tetapi lucu juga konyol. Dia menganggap renang itu sangat mudah karena ketika membaca beberapa teori dari buku teknik dan lain sebagainya. Tetapi, ketika pertama kali mencoba renang dia malah tenggelam seperti batu. Ternyata teori saja tidak cukup. Dia terus belajar dengan keras dibantu dengan Haru dan lainnya juga. Pada akhirnya dia juga berhasil dan juga memperdalam gaya kupu-kupu karena hanya gaya itu yang dia bisa.

Free! Rei Ryugazaki


5. Rin Matsuoka
Rin adalah teman sekaligus rival Haru. Sejak SD bersama Nagisa juga makoto, dia berpisah dengan klub renangnya saat dia memutuskan untuk sekolah renang di Australia pada smp masa lalu silam. Saat kembali ke Jepang sikapnya berubah drastis terhadap teman-temannya terutama Haru. Di dalam hatinya sebenarnya dia kembali ke Jepang hanya ingin renang bersama teman-teman nya lagi. Tetapi,dia membuat seolah itu sulit. Terlebih melihat Haru yang tidak berubah sejak dulu. 

free! Rin matsuoka


Permasalahannya hanya ada di 5 orang ini saja tetapi lebih ditekankan ke konflik antara Haru dan Rin, pada akhirnya juga mereka bisa berenang bersama meski berbeda sekolah. Kekeliruan  dan kesalahpahaman diantara mereka berdua pun akhirnya mencair. Anime ini memang keren dan seru!

3 komentar:

  1. Udah lama gk nonton anime. Terakhir nonton Kaichou wa-maid Sama, Asep udah nonton? *lah malah balik nanya*
    Baca sinopsisnya malah inget drakor judulnya No Breathing, tentang klub renang juga. Tokoh utama 1 juara olimpiade, sekolah di Austalia tapi harus balik ke Korea karena bikin masalah. Tokoh utama 2 jago renang tapi berenang cuma buat have fun, agak mirip Haruka ya :)
    TFS, Sep. Nanti aku coba cari di yutup ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weehh yang diceritain mbak Del film korea ya:?

      Delete
    2. Iya pastinya. Referensiku kebanyakan Korea :D

      Delete