Cara Mengganti Permalink Blogspot Yang Sudah Terpublish

Assalamu'alaikum

Permalink adalah link atau tautan permanen singkatan dari "Permanent Link". Permalink akan muncul di pencarian google dengan kata kunci tertentu yang mengarah kepada halaman blog atau website kita. Sehingga permalink sangat penting dalam dunia SEO.
Permalink di blogspot mencantumkan tahun, bulan, lalu setelahnya adalah judul postingan. Kita hanya bisa edit permalink sebelum kita mempublish postingan blog kita, maka disarankan untuk berhati-hati. Karena jika sudah terlanjur terpublish, maka sesuai yang saya jelaskan di awal. Url atau link akan menjadi permanen. Mungkin lain dengan wordpress karena di wordpress kita bisa edit permalink sebelum dan sesudah postingan terpublish dengan sangat mudah.


Mengganti Permalink
Pic from here


Nah saya akan coba jelaskan mengenai cara mengganti  permalink blogspot yang sudah terlanjur terpublish.

Contoh permalink :

http://www.asep11.info/2014/03/saya-adalah-orang-yang-sangat.html 

Permalink diatas kurang baik untuk SEO karena linknya hanya memunculkan sebagian judul postingannya saja. Setelah kita edit, nantinya akan menjadi seperti ini.

http://www.asep11.info/2014/03/saya -adalah-orang-yang-sangat-ganteng.html

Yang harus anda lakukan adalah Masuk ke Dasboard >> Pos >> Cari postingan mana yang akan diganti permalinknya >> Edit  >> Revert to draft. Nah disini postingan anda sudah kembali ke draft. Buka postingan yang sudah ada di draft tadi. Lalu lihat ke sebelah kanan "custom permalink/Tautan permanen khusus" sudah bisa digunakan. Kemudian edit sesuai kehendak kita. Setelahnya barulah kita publikasikan kembali.

custom permalink


Meski sudah terposting kembali, Postingan tersebut tidak akan menjadi sebuah postingan yang baru, karena tanggal dan tahun masih mengacu kepada kepada yang lama. Mungkin halaman yang di ganti permalinknya tadi akan terhapus di pencarian google. Tetapi, jangan khawatir google akan segera meng index halaman kita kembali, dan nantinya halaman kita bisa muncul kembali di pencarian google. Bisa juga dengan cara submit url kita secara manual ke webmaster google https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url/
Terima kasih, semoga bermanfaat.

14 komentar:

  1. Ok, tq ya sep. Iya agak bingung jg ganti permalink itu sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. ok.sob.. makasih infonya, saya simpen dlu nnti kalau pas perlu saya pakai sob :D

    ReplyDelete
  3. makasih mas..

    jdi lebih terdeteksi nih blog ane ...

    kunjungan dari berbagimod.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. mantaap mas broo...setelah praktek sesuai postingan anda..blog saya graffik nya naik..salam dari www.rajaherbalku.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Posting yang bermanfaat, karena selama ini hanya mengandalkan default. Thanks

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete