Moe Korong

Assalamualaikum.


Wilujeng wengi. Mun inget jaman baheula sok asa kumaha nya? Baragajul teuing henteu, cicing teuing ge henteu.


Kalian pernah bermain layang-layang?? Bukan layang-layang yang dimodifikasi dengan berbagai macam bentuk. Tapi layang-layang biasa dengan bentuk yang sangat umun seperti ketupat dan gambarnya hanya sederhana, dan cenderung beberapa garis yang beberbentuk. Yang harganya Rp. 500 hingga Rp. 1000


Waktu saya kecil sampai saya smp kelas 2 saya hobi sekali main layangan. Bukan hanya sekedar menikmati layang-layang yang sedang terbang, karena jika saya hanya melakukan hal itu artinya Itu berarti membosankan. Tetapi kala itu yang membuat saya menyukai permainan itu yaitu mengadu layangan dengan orang lain, bukan layangannya yang di aduin, tetapi benang gelasannya yang saling diadu atau menggesek agar salah satu layangan bisa pegat/putus. Setelah putus layang layang itu bisa menjadi milik siapa saja karena Siapa cepat, cekatan, pintar. Dia pasti mendapatkan layangan itu. Ketika dulu saya hampir tidak pernah membeli layangan. Saya hanya cukup berdiri dibeberapa titik disawah menunggu dan melihat ke atas dan memperhatikan kearah langit  dan banyak sekali layang-layang yang sedang beradu. Peralatan yang saya gunakan hanya bambu atau kayu panjang dan ujungnya dikasih beberapa ranting pohon kering yang masih nyambung satu sama lain. Fungsinya yaitu agar ketika sedang mengejar layangan yang putus. Si bambu atau kayu yang ujungnya udah dikasih beberapa ranting yang kering bisa sangat mudah melilit benang gelasan atau nilon yang sedang melayang.


Di daerah saya ada julukan bagi yang suka main layang-layang, yaitu "Moe korong" artinya yaitu " ngejemur upil" kalo sekilas nggak nyambung kan?

Sebenarnya penjelasannya seperti ini. " Ketika orang yang sedang bermain layangan umumnya kan suka agak sedikit melihat ke atas ke arah layangan. Dan biasanya juga ketika sedang bermain layangan itu biasanya dicuaca yang cerah ataupun terik. Sementara lubang hidung terbuka lebar dan membuat semua upil yang di dalam hidung menjadi gersang." Begitu sih info yang saya tahu dari kecil. Dan walaupun cuaca terik nggak mendung nggak, tetap saja disebut moe korong. Yang pasti yang lagi maen layang itu disebut moe korong. Dan biasanya memasuki musim kemarau menuju puasa ramadhan permainan ini mulai marak kembali.


Kitu mun inget keur budak keneh teh kadang sok sono, tapi ari entos nincak yuswa abi nu ayeuna sok asa hoream maen langlayangan teh. Da entos ka pangurahan ku dunia teknologi nu sagala canggih panginten O(╥﹏╥)o


Jeung sementara abi teu acan tiasa ngeblog di pc jadi abi posting tina hp heula (╯︵╰,)


Wilujeng wengi sadayana. Wassalamu'alaikum.


Published with Blogger-droid v2.0.4

16 komentar:

  1. ngakak hula akhhh,,,, bhahahhahaha :D
    korong garing dikilo,,, bahahahha
    ramean ngudag langlayangan anu pegat,,, gratiss teu kedah meser,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehehe Betull hoyong teu korong kadieu :P

      Delete
  2. Woawkaowkaowka..
    filosofi atau apaan ini sep?
    wakkaka
    aneh-aneh aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe ini filosofi turun temurun Cank :P

      Delete
  3. sumpah, ngakak baca ini,
    horor banget, gimana bisa lubang idung dan isinya gersang coba,
    saya akan ceritakan ini sama temen2 di kantor, dan gak tanggung jawab kalo mereka juga ngakak, huahahaha..!

    ReplyDelete
  4. wah dulu saya juga suka sekali dengan layang layang... sampai sma masih main layang yanag...

    ReplyDelete
  5. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okk nanti ya?? solanya baru OL lagi hehe

      Delete
  6. hadeuuh jadi inget jaman baheula euy,hihihi eta korong nepi ka ngerenceng kitu hihihi......salam kenal kasadayana urang sunda,,,

    ReplyDelete
  7. kunjungan gan .,.
    saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
    dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  8. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    ReplyDelete