Siapa yang Harus Disalahkan ???

Bismillahirrohmanirrohim.

Assalamualaikum :). 

Untung saja ketika saya sedang membuka akun youtube saya dan mengubek-ngubek isinya, saya sudah menyimpan sebuah saluran video yang sangat bagus dan menarik. Saat pertama kali tahu tentang video ini ketika ada seseorang yang share di grup facebook kancut kebelnger beberapa bulan yang lalu, rasanya video sangat bagus untuk di perlihatkan untuk semua warga indonesia.

Video ini bercerita tentang investigasi reporter dari Amerika yang menguak fakta industri rokok di Indonesia. Disini juga diperlihatkan seorang bayi perokok asal Indonesia yang terkenal di seluruh dunia dan sekarang sudah sembuh total kalian juga mungkin sudah tahu, karena bayi ini terkenal juga di siaran televisi Indonesia. Di video ini pun bisa melihat siapa yang berperan dibalik meningkatnya Industri rokok di Indonesia, dan ada sebuah pengakuan siapa saja sebenarnya target industri rokok di Indonesia official dan unofficial. Tim investigasi ini pun berhasil masuk ke bagian orang dalam dibalik Industri rokok ini, dan karena tidak diperbolehkan membawa kamera, reporter ini pun menggunakan kacamata berkamera , dan berhasil sekedar berbicara  dengan orang dalam, dan hasilnya, wooowww sangat mengejutkan sekali T___T   Indonesia dibuat menggantungkan hidupnya dengan Industri rokok ini, karena tidak sedikit warga Indonesia yang bekerja di industri pembuatan rokok. 

Menyedihkan sebenarnya bahkan setiap orang bisa mendapatkan sebatang rokok dimanapun dan kapanpun bahkan sepertinya tidak ada batasan umur.  :(, di negeri barat sendiri pun orang yang memperjuabelikan rokok di bawah umur 18 tahun dikatakan sebagai ilegal, berdasarkan dari video ini di Amerika sendiri sebungkus rokok merek terkenal dihargai 12 dolar Amerika. Bagaimana dengan di Indonesia??? Entahlah saya tidak tahu dengan harga-harga rokok, wong saya bukan penghisap perokok wkwkwk. Kalo pengen tahu merk rokoknya lihat aja videonya. Kalo di sebut disini takutnya promosi lagi ahaha. Ada sebuah kutipan yang sangat menarik dari seorang Ita Rahma seorang aktivis perempuan yang dari sekian banyak orang mengkampanyekan tentang bahaya rokok  "Indonesia is a heaven for this tobacco industry and hell for us" hebat kan? dan memang itu adalah sebuah kenyataan :PP

Dan coba lihat lagi, persepakbolaan di Indonesia sendiri di sponsori oleh brand rokok, begitu juga konser konser yang di selenggarakan di Indonesia sendiri semuanya di sponsori oleh rokok. Dan targetnya memang anak muda. Hati hati bisa saja orang terdekat anda sudah menjadi the next smoker.

Lalu siapa yang harus disalahkan? Apa yang harus disalahkan? Kenapa harus disalahkan? entahlah kalian sendiri yang bisa menilai baik atau buruk (-"-)

Gak seru ya kalo di ceritain semuanya disini biar lebih afdol sadar atau tidak sadar silahkan lihat video ini, saya hanya berkewajiban mengkampanyekan tentang hal ini, sukur-sukur video ini bisa dilihat langsung oleh orang tertinggi di Indonesia ataupun pejabat-pejabat yang lain. 

Video ini berdurasi 42 menit 45 detik. Diunggah oleh jantung indonesia. Cukup lama memang durasinya. Yang koneksinya masih lemot kayak saya, saya sarankan download aja ataupun kalo tidak sempat,simpan saja siaran video ini terlebih dahulu di akun youtube kalian, atau jika kalian tidak punya akun youtube, ya bisa di bookmark dulu lah. Rugi deh yang belum nonton ini :)


Selamat menonton dan semoga video ini memberikan pencerahan haha :D





Wassalam :)

71 komentar:

  1. saya waktu nonton tuh yang paling ngeri ya sepanjang jalan baik di kota maupun di desa sudah dipenuhi dengan iklan rokok...
    terus yang waktu nyuruh anak kecil beli rokok, atau toko rokok yang deket sama sekolahan... duuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh udahnontonjuga ya mas? :D ia bener mas banyak bertebaran iklan rokok T__T

      Delete
  2. penasaran videonya belum nonton, modemnya lagi lemot jadi gak bisa donlot -_________-"

    ReplyDelete
  3. Ehm... Paling kesal kalo ada perokok yang nyahut "Aku nih, sudah merokok puluhan tahun. Buktinya sekarang sehat-sehat saja." :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, iya ucapan itu nyebelin. Ada orang yg spt itu pada akhirnya harus 'dipaksa' berhenti ngerokok karena langsung sakit parah, bolak-balik dioperasi. Paru2nya bermasalah, ususnya juga. Seumur hidup gak pernah sakit, tiba2 sakit langsung parah. Untuk yang suka ngomong begitu harus hati2.

      Delete
  4. Koneksi lemot banget ... tapi dibuka sama adegan si bayi yang hobi rokok itu ya.

    Kalau konser atau bola disponsori iklan rokok, yaaa, gak begitu miris lah, ya.

    Tapi, ironinya Rokok juga sudah merasuki dunia pendidikan. Di kampus saya ada ryang khusus yang disembut SAM****** Corner. Di kampus tetangga juga ada brand rokok yang fasilitasi tempat olahraga. Belum lagi beasiswa pendidikan dan olahraga. Ironi yang sangat memilukan.

    Bicara soal itu gak bakal berhenti mirisnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah betul sekali itu bahkan sampai memsuki dunia pendidikan ya? >.<

      Delete
  5. Kalao aq ngerti banyak soal rokok, soale jualan. :). Banyak rokok baru bermunculan dan harganya bersaing.

    Yg menyedihkan, banyak anak kecil yg beli rokok. Mau jadi apa negara ini kalo generasi mudanya udah jadi perokok

    ReplyDelete
  6. walah.. mau download malah modemku tiba2 macet jaringannya.. huaaa -__-

    ReplyDelete
  7. Wah kampanye anti rokok ya, Alhamdulillah saya tidak merokok. Semoga sadar bagi pecandu rokok akan bahaya merokok. Perlahan tapi pasti akan merenggut nyawa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya info tentang industri tembakau di Indo :D. Alhamdulillah saya juga :D

      Delete
  8. penasaran, pengen liat videonya, tapi ga bisa dibuka, hikz...

    ReplyDelete
  9. dimana-mana orang merokok, bikin aku marah karena mereka membunuh diri mereka sndiri

    ReplyDelete
  10. streaming nya btuh 2 jam..... gw mw berhenti ngerokok deh...

    ReplyDelete
  11. Untung Asep gan ngerokok, gak ada baek2nya ....
    Sy juga pernah posting tulisan ttg rokok, dua kali saking sebelnya sama barang ini ...

    Ada di link ini:

    http://mugniarm.blogspot.com/2011/05/kecil-kecil-cabe-rawit-tapi-membunuh.html

    http://mugniarm.blogspot.com/2011/06/lagi-lagi-sponsor-yang-menyesatkan.html

    Ada yang komentarnya aneh2 ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya dah mampir di tulisan saya itu :)

      Delete
  12. Rokok rata-rata harganya 10.000 ke atas. Yaaa kalau di luar negeri sih 1 dolar-an gitu Sep..

    ReplyDelete
  13. wew, gak bisa komen sob, ane juga perokok soal nya, hihihi :P

    ReplyDelete
  14. alhamdulillag belum pernah sebatang pun merokok akan saya tularkan pada anak dan cucu

    ReplyDelete
  15. Koneksiku malam ini sedang tidak bersahabat Asep. Lain waktu saja deh aku lihat. Ato donolot mungkin. :D

    Kalo masalah ini di ajukan ke para petinggi, aku yakin mereka juga akan dilema. Devisa negara akan sangat berkurang, dan akan semakin banyak pengangguran jika industri rokok di tiadakan. Sekarang tinggal pribadi masyarakatnya saja, sadar tentang pentingnya kesehatan tidak??? :D

    Nice share Asep,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sip bisa di simpan saja dulu teh videonya,ia teh bener bahkan kayaknya negara kita udah di buat ketergantungan oleh industri ini :D

      Delete
  16. waduh lama nih. padahal tdi modem keknya kenceng. okok.. di bookmark dah.


    em.. iri tingkat dewa, sya. bisa khusyuk setiap hari ngeblog. ckckkckk.. 4 jempol dah, sep. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan gajebo ya hihih. berarti yang make kurang amal hehe

      Delete
  17. kita menulis artikel yang sama... hanya dengan cara pandang yang berbeda.. salam kenal ya...

    ReplyDelete
  18. miris sekali x_x
    say no to cigarrette!

    ReplyDelete
  19. speechless.. negeri kita telah bergantung pada industri rokok. inilah yang menyebabkan dilema. membatasi iklan rokok secara tidak langsung juga berarti mencoba mengurangi pemasaran rokok -yang bisa menyebabkan hilangnya pekerjaan bagi kelas buruh. tapi mendiamkannya juga berarti membunuh bangsa sendiri. jujur saja, saya seorang perokok. dan melihat video ini membuat saya sedih. saya merasa ikut bertanggung jawab.

    nice post sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas,jadi dibuat menggantungkan hidup. Susah ya kalo menyalahkan satu sama lain >.<

      Delete
  20. Aku ga bisa nonton videonya :( jd untuk sementara dibookmark aja dulu deh.
    memang bnyk sekali rakyat Indonesia yg bekerja di pabrik rokok.
    bukan hanya pertunjukan musik & pertandingan olahraga tapi pembangunan e-library pd sejumlah perguruan tinggi jg didanai oleh pabrik rokok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp mbak Ren :D rrr ia kan merambah ke pendidikan juga T__T

      Delete
  21. rokok dan masih tetap rorok salah satu momok yang cukup menakutkan, sayangi jantung sayaaaaa :(
    kadang saya juga suka sebel gitu kalo ada orang yang ngerokok di kendaraan umum, kasihanilah kami para perokok pasif T___T

    kalo seandainya rokok ditiadakan pun kasihan bagi mereka yang menggantungkan hidupnya pada rokok, ah kemiskinan ooh kemiskinan.. kalo aja rokok bisa diganti sama sesuatu yang lebih sehat dan tentu ga akan merugikan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya masih belum ada pengganti yang namanya rokok itu :((

      Delete
  22. tapi susah sep bgt sep nyuruh perokok berhenti merokok :( kalau udah kena batunya baru deh kapok ngerokok

    ReplyDelete
  23. rokok adalah dilema sosial yg complicated...bhkn dokter yg jls2 paham bahaya rokok pun bnyk yg jd perokok berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iambak bener, bahkan sangat susah untuk tidak dan tidak

      Delete
  24. islam pny satu kaedah fiqhiyyah yg sangat agung, yaitu:

    لاَ ضَرَرَ وَلَا ضِرَا رَ
    Tidak boleh berbuat sesuatu yang membahayakan, baik kpd diri sendiri & org lain..,

    Sebagian cabang MUI tlh mengharamkan Rokok & bbrp Ulama besar pun tlh mengaharamkan rokok, jd baikx tinggalkan sj rokok...!

    nice share sobat..., mf baru sempat mampir... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe untung saya gak ngerorok.

      sip gapapa mas :D

      Delete
  25. Mau dong nonton videonya, lagi lemot banget nih jadi belum bisa bukanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe simpan saja dulu salurannya mbak :DD

      Delete
  26. salam kenal mas Asep.
    soal rokok, tanpa sadar selama ini kita semua telah menjadi perokok meski tak pernah bersentuhan langsung dengan rokok itu sendiri, kita sudah menjadi perokok pasif yang sebenarnya lebih cenderung terserang berbagai penyakit berbahaya.
    mereka yang ngerokok enak, paling tidak asap rokoknya keluar masuk, nah kita yang pasif, asap berbahayanya masuk, tapi ga keluar.
    alhamdulillah, di keluarga, mulai dari bapak, kakak, adik sampai suami, ga ada yang ngerokok.
    nga bisa ngebayangin gimana jadinya kalau salah satu dari mereka ngerokok.
    thanks sharenya. kapan2 di liat videonya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat sayang sekali ya mbak yangmenjadi perokok pasif :D/ salam kenal juga mbak :D

      Delete
  27. Sayang sekali aku gak bisa buka videonya, padahal pengen banget lihat lho.

    Sekarang sih bukan hanya pertunjukan musik dan pertandingan olahraga yg disponsori produk rokok, tapi pembangunan e-library di beberapa perguruan tinggi juga disponsori rokok. Ironis ya..?

    bagaimanapun juga memang industri rokok yg menampung banyak tenaga kerja saat ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di simpen dulu aja mbak Ren. SUsah ya T__T

      Delete
  28. oh anak kecil yang namanya sandy itu toh sep...
    hmmm ya habisnya orang gak mampu susah makan pun tetep beli rokok sih
    ya nggak :)

    ReplyDelete
  29. kunjungan sob ..
    salam sukses selalu ..:)

    ReplyDelete
  30. wah untung saya bukan perokok...

    ReplyDelete