Saya dan Buah Blackberry

Assalamualaikum ^^


Oh ia, kalian pernah makan buah blackberry nggak??? yang belum penah kasihan deh hihi :P. Ya mentok mentok kalo gak ada buah nya hpnya juga boleh dimakan hehe. Gara-gara semalem nih saya kangen dengan buah ini. Sejak kecil saya hampir sering makan buah ini utamanya ketika waktu SD.

gambar dari sini

Di tempat saya buah ini disebut nurbei dan kadang suka disebut arben juga, entah dari mana asal usul namanya tapi sejak kecil saya di perkenalkan dengan buah ini dengan sebutan nurbei, saya juga baru tahu nama asli buah ini/atau nama universalnya yaitu blackberry sejak smp. 

Kalo dulu setelah pulang sekolah, saya bersama si sasan sodara saya dan beberapa teman lain suka main di sawah tempat buah ini berada, sawahnya sih berada di belakang rumah saya ke arah timur lagi, untuk sampai lokasinya hanya memakan waktu 8 menitanlah hanya beberapa ratus meter dari jarak rumah, Yang punya sih milik tetangga. Tentunya saya suka minta izin terlebih dahulu sama yang punya dan kadang-kadang nggak izin juga sih haha. Nih saya kalo metik buah ini yang warnanya hitam maupun merah saya sikat,walaupun saya tahu yang berwarna merah itu masih belum mateng dan sangat asem. Waktu itu saya nggak pernah bawa kantong, ya paling daun daunan lah yang saya jadikan kantong sebagai tempat nyimpan buah ini. 

Dulu di tempat saya banyak yang panen buah Blackberry dan daunnya pun bisa di pakai sebagai bahan makanan dari ulat sutra. Oh ia ternyata manfaat/khasiat dari buah blackberry ini banyak loh. Yang saya lihat dari televisi maupun baca di artikel buah blackberry bisa menjaga daya tahan tubuh dan bisa melawan sel kanker. Inget loh kanker yang saya maksud bukan (kantong kering) haha. Sayangnya sekarang buah blackberry di tempat saya sudah tidak ada, entah karena bisnis ini tidak menguntungkan ataupun tidak, saya tidak tahu deh. Dan sekarang saya sangat kangen dengan buah ini, jika ada orang yang mau ngasih dengan suka rela dengan senang hati saya akan menerimanya :P.

Dan ternyata percaya gak percaya. Ya diusahakan ga percaya sih wong saya juga gak percaya haha si buah ini sudah berubah bentuk.


Tuh kan buahnya sudah berubah :PP.  Makin kesini orang-orang mengenal Blackberry hanya berupa gadjet, kalo buahnya gak tahu deh, kasihan tu buah kesini kesini udah tranformasi jadi sebuah gadjet. Dan semoga kalian juga tahu blackberry itu bukan hanya sekedar gadjet tetapi memang asli berupa buah yang memang banyak sekali khasiatnya. :D. 

Wassalam ^^

76 komentar:

  1. hhoohoh~
    aq juga tau kalo ada buat ituuu,, cuma belom pernah makan ^^

    ternyata disawah ada juga toh :D

    hebat!!
    blackberry bisa menegakkan keadilan >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ayo cari buah ini.:D

      hebat kan bisa menegakan keadilan hihihi

      Delete
  2. belom pernah makan buahnya, kalo sari buah iya pernah.

    Kalo blackberry yang berubah bentuk, nah itu iya udah pernah..


    ...pernah di'makan'

    hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiohihihi pernah makan yang udah berubah bentuk ya? :D

      Delete
  3. Aku pernah makan buah itu, tapi yg merah dan bener banget asemnya amit2 -_-,

    ReplyDelete
  4. Ihh jadi inget masa kecil, dulu di rumah lama saya juga ada tanaman blackberry...kalo lagi berbuah seneng banget rasanya,bisa ngerasain buah yang asem asem manis ini. tapi dulu ga pernah nyangka kalo buah ini bakal jadi terkenal banget di masa depan,walo bukan berupa buah melainkan gadget,hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi oarang sunda dateng oge hehe. Berarti sami nya teh? ^^

      Delete
  5. kayanya belum pernah baru sodaranya aja yaitu strawberry :)

    ReplyDelete
  6. waaah ngiler nih liat buah arben
    punya pohonnya ngga kang ?⌒ں⌒

    ReplyDelete
  7. Ralat bukan "NURBEI" Tapi "MURBEI" coba di lihat di sini Mohon maaf dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang MURBEI sebenernya,tapi di tempat saya itu di sebutnya NURBEI. Tapi gapapalah apalah arti sebuah nama wkwkw

      Delete
  8. saya sudah kenal kok ma buah ini. tapi blum prnh makannya. krimin donk sep.
    klo hp blackberry emg bkin kanker (kntong kring)kok sep..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi di tempat saya juga udah gak ada T__T makanya saya kangen dengan buah ini :D

      Delete
  9. Ini Arbei kalo di sekitaran Tangkuban jalur pengambil batu. Hmmm, ini kan buah musim dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Massa ?? di tempat saya jadi tuh tanaman, apa ngaruh juga ya iklimnya, rumah saya di kaki gunung soalnya :D

      Delete
  10. waaaah, jadi kangeeeen hoyong maem tuh buah lagi kang asep.

    abi ge pas kecil suka makan, tuh buah, yg item itu rasanya asyiiik bangeeeet, aaaarrrgh jadi maruuuuy ni teh gimana atoh kang? ahaha *ngileeeer

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sami teh asepge jadi maruy kieu, ternyata teteh ge resep ning hehe^^

      Delete
  11. belom pernah makan buah blackberry tapi kalo minuman yg rasanya blackberry sy biasanya suka.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo minumannya saya belum pernah :))

      Delete
  12. Icha sering banget makan buah ituu...
    Tapi setau Icha mah namanya tuh buah Murbey deh...
    Di Bogor (daerah tempat Icha tinggal) kan ada kebun murbey sama kebun coklat, terus ada pabrik ulat sutra juga, kata petugasnya tuh, buahnya boleh di ambilin, tapi daunnya jangan, buat makanan ulat sutera...
    Karena Icha dah pernah nyoba rasa buah blackberry ini, boleh deh kak Asep kirimin HP blackberry-nya aja...
    Tukeran sama buah blackberry yang punya Icha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi emang buah Murbey, tapi di tempat saya di sebut nurbei hihi. Kalo hpnya sih di sini ada tinggal ngambil dikonter orang haha

      Delete
  13. dengan kekuatan bulan, aku akan mengubah blackberry menjadi strobelly :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus aku mendukungmu ibu peri :)))

      Delete
    2. wakkkakakakka....sieepp, dengan kekuatan bulan mas asep tak ubah jadi cakep :p

      Delete
  14. hikss...hikss...belum pernah makan buah blackberry >,<

    ReplyDelete
  15. huwaaa mau donk satu saja. sepertinya saya belum pernah makan tuh. itu semacam buah atau sayur bentuknya? berkhasia enggak? #apasih

    gilaa abis dah, tuh yang vermak blackberry sampek jadi gadget enggak tahu kasihan apa yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah gak ada disini juga, makanya saya kangen dengan buah ini >.<

      Delete
  16. Ih Asep, aku tau loh buah itu. Tapi nggak doyan, hehehe..
    Aku juga terakhir liat tu buah waktu SMP, sekitar taun.. eh nggak usah disebut deh taunnya. Ntar ketauan uda tua, hihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeheh ayao sedikit lagi mbak sebutkan tahunnya hehe

      Delete
  17. wah, belom pernah makan nih .. :(

    ReplyDelete
  18. ditempatku g ada buah kayak gitu, hapenya juga g punya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditempatku dulu ada dan sekarang udah gak ada T___T. kalo hpnya gak punya juga sama :D

      Delete
  19. jd inget masa kecil dl juga suka bgt berburu buah murbei...

    ReplyDelete
  20. aku suka makan buah itu waktu kecil...tp baru tau kalo nama lainnya Blackberry hihihi.....

    ahh baca postingan ini jd inget masa kecil...dulu juga aku suka berburu tebu....trus aku kupas sendiri...trus dimakan begitu aja (kalo sekarang kan ada alatnya jd air tebu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayeeyyy ternyata banyak juga yang berburu ini buah termasuk mbak,walaupun dimasa kecil :D

      Delete
  21. Hiks... saya jarang banget makna ini buah... saya ngerasa sulit banget nemu buah ini di Bandung... dan di pikiran saya, buah arbei atau apapunlah namanya ini termasuk jajaran buah mahal nan mewah... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di tempat saya buah ini gak mewah kang, cuma sekarang sekarang buah ini udah nggak ada T__T ditempat saya :D

      Delete
  22. kalo di kampung saya namanya bukan blacberry tapi namanya prambusen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata beda tempat beda daerah beda nama :d

      Delete
  23. waah waah baru tau kalo penampakannya blackberry kayak gitu. Itu buah kesemek bukan? kalo aku dulu nyari buah ciplukan habis pulang sekolah haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan buah kesemek, tapi blackberry T___T

      Delete
    2. haha sorry, kan gaktau.. knapa di daerahku gak ada buah blackberry ya. gak prnah nemu kayaknya..

      Delete
  24. di kampung saya namanya murbey, ada juga yang nyebut arbei, tanaman ini termasuk tanaman pagar dan bahkan terkesan liar, tumbuh sendiri dan dimakan juga enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap daerah beda ya sebutannya kang ^^ dan sayangnya tanaman ini udah susah ditemui T__T

      Delete
  25. udah pernah liat tapi belum pernah makan, hehe..

    ReplyDelete
  26. aku belum pernah makan kayaknya... eh... ilustrasi fotonya keren :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakloh mas buahnya ^^
      wkwk itu aku edit ngasal di potoshop :))

      Delete
  27. Baru baca postingan ttg blackberry di blognya mbak Elly Meyer. Di sana saya nanya apa bbuah ini tumbuhnya di iklim sub tropis (krn si mbak ini tinggal di Jerman - bersuamikan orang Jerman) atau di daerah tropis juga ... eh ternyata ada di Indonesia juga yah ... hehehe
    #Dasarkatrok.pletak#

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih daerah saya soalnya di kaki gunung mbak hehe

      Delete
  28. sy gk pernah makan sob..,mana buah yg dah matang kang..? yg warna merah atau warna hitam..???, atau dua2 matang ya..?? *smile

    ReplyDelete
  29. jgn2 hape blek beri nyuri nama lg dr buah Blackberry, wah gito ya hehehe.., sy gk pernah nyoba sob, tp klo mau ngasi aq mau heheh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan nyuri tapi mengadopsi namanya hihih

      Delete
  30. ai sekarang masi ada ga sep pohon blackberry nya ? mau lah~ hoream kan kudu ke kampung strawberry dlu mahhhh...

    ReplyDelete
  31. yang lokal punya dan dari luar kayaknya lain deh... yang lokal lebih kecil2. kalo yang luar sudah banyak selai dijual di supermarket

    ReplyDelete
  32. Di tempat sy ada pohonnya tuh

    ReplyDelete
  33. Di tempat sy ada pohonnya tuh

    ReplyDelete
  34. wow enak rasanya buah blueberry pernah enggak

    ReplyDelete
  35. Murbey sama Blackberry tu bedaa... -_-"

    ReplyDelete
  36. murbey dan blackberry beda pak. Murbey, mulberry atau besaran gampang tumbuh di Indo dan bs berbentuk pohon, kalo blackberry trgolong semak belukar dan trgolong buah berry, di beberapa nursery disebutin malah masih langka penanamannya di Indonesia, kalau smartphone ho-oh banyak -_-

    ReplyDelete
  37. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    ReplyDelete