Perubahan Market Android menjadi Google play

Gambar dari sini

Kemarin lusa saya ingin mencoba download aplikasi di market android versi webnya karena memang lebih cepat dan praktis, sebelumnya karena saya sudah memasukan akun google saya, jadi saya tinggal mencari di market dan  klik instal, otomatis si app atau game langsung terinstal di HH android kita. Tapi ada yang membuat saya heran, ternyata tampilan market android sudah berubah dari asalnya market android menjadi google play. Saya masih penasaran apakah ini benar, ya udah saya mencoba ketik ulang URLnya dari market.android.com pas saya enter, ternyata langsung ngedirect ke play.google.com alias google play tadi.

Screenshoot google play versi web

Tampilan Market android lama versi mobile
Gambar dari sini


Tampilan Market android  baru versi mobile (Google Play)


Oh ia ada beberapa HH android yang otomatis juga langsung ke upgrade jadi google play, dan ada juga yang tidak, nah yang di HH androidnya masih memakai market lama bisa di upgrade dengan cara manual. Sebelumnya download dulu app marketnya disini. Setelah itu jangan lupa unknown sources nya di centang di HH android kalian cek dibagian settings >> applications>> unknown sources (centang). Setelah selesai download barulah file APKnya di instal, pasti ada peringatan replace. Gak apa-apa replace aja market yang lama. Selesai deh :)

Oh ia kata temen saya ternyata di dalam google play ini ada penambahan fitur-fitur baru, tapi belum saya googling apa fitur barunya. Seiring dengan perubahan kebijakan google yang lebih simple yang mulai diganti pada 1 maret kemarin, ternyata marketpun tidak mau kalah. Ya ialah wong android itu udah kerjasama dengan google sejak tahun 2000. Semakin hebat saja android ini.

48 komentar:

  1. google memang lebih suka bereksperimen dengan tampilan baru, sering update bikin penggunanya nggak bosen :)

    ReplyDelete
  2. aku gak punya HP android jadi gak tau :P
    tp google mang lg seneng bikin perubahan :D

    ReplyDelete
  3. wah, tapi saya ngga punya androin nih... :D

    ReplyDelete
  4. dari dulu ga ngerti sama yang kayak ginian :(
    mungkin karena ga punya hp berbasis Andriod. hehe.. Google emang sering up-date, baguslah. laman yang sering jadi tempat singgah kita di dumay :D
    cuma layanan yg disajikan Google ga semua saya pakai, ga ngerti :D

    ReplyDelete
  5. wah mantap bang infonya ....thank banget nich
    Mas follow balik yach aku udah follow mas
    salam kenal.
    semakin banyak teman semakin baik,semakin banyak rezeki

    ReplyDelete
  6. wah gt ya.. aku blm nyoba google play. Soalnya blm ada yg mo didonlot. Keliatan lbh ok ya dr android market..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia teh, terkadang ada HH juga yang udah otomatis upgrade :D ada juuga yang ngak :D

      Delete
  7. Nay gaptek banget masalah beginian :(

    ReplyDelete
  8. aihhhhh aku ndak punya hpyg berbasis android, hp teteh mah butut sep qiqiiqiqi..sempat pake yg android tapi cuma 1 bulan wae...tapi nambah2 ilmu dah baca postingan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga aku dikasih sama si teteh teh HHnyalumayan we hehe.Gapapa kan jadi tahu info ^^

      Delete
  9. Replies
    1. Banyak sebenernya kelebihannya,salah satunya android itu open sources, romnya tidak mentok jadi para devloper muda maupun tua bisa mengeksplornya, bahkan sampai ke sistemnya pun bisa bisa di otak atik. Ada satu hal lagi, ada rom yang tidak bisa diupdate ke tingkat selanjutnya scara officialnya contohnya HH android punya saya romnya 2.1 eclair. Tapi rom eclair bisa dinaikan loh ferformanya ke rom 2.2 froyo maupun 2.3 ginggerbread tentunya dengan mengupgrade cusrom. enaknya kalo kita bisa menaikan cusrom kita bisa menikmati beberapa fitur fitur baru yang bagus dan menarik

      Di android juga banya game game HD bagus, contohnya Pes 2012, GTA, dll

      Delete
  10. si om google mah sllu kek gitu pasti ada-ada aja inovasi yg dibuat :)

    ReplyDelete
  11. iya otomatis berubah sendiri jadi google play, install appaware best juga tuh, good info xD

    ReplyDelete
  12. Pengen hp android jugaaaaaaaaaaaaaa >____<
    Mw beliin ga asep ? hehe...

    ReplyDelete
  13. HP android saya dicopet.. Jadi, saya nggak ngulik. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok bisa kecopetan gitu teh ? :((

      Delete
    2. bisa. kan aku yg nyopet.
      tukang copet apa neng, tukang copet hati... eeaa

      Delete
    3. copet hati aku juga dong teh Annes :P

      Delete
  14. klo di android aku ya, pas awal ada perubahan, si market ga otomatis berubah jadi play shop.. cuma skarang udah berubah sendiri sih.. ga diinstal apa-apa.. dicuekin gitu..

    tp secara keseluruhan masih sama kaya market sebelumnya.. cm ganti nama aja deh kyanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia emang sih,ada juga yang belum otomatis langsung ke upgrade :D. dalemnya memang sama :D

      Delete
  15. baca baca sih... Gabungan dari Market Services, Books, Music, dan juga Video ... lengkap kayaknya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh iitu dia jawabannya ^^ pas tadi saya seach juga itu jawabannya :D

      Delete
  16. Android semakin hebat tapi saya masih belum punya Android.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa mas, yang penting dapet infonya :D

      Delete
  17. Jadi makin bingung nih antara mau beli android atau produk apple... huft. Mikir-mikir lagi deh ini... kok jadi makin ke arah android ya beratnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ayo milih mana mbak hihi tunggu aja Xperia yang terbaru yang osnya Jellybread :D

      Delete
  18. Googel tahu pasar, jadi harus selalu update.

    Asep Kasep, enjing candak awardnya di blog Akang,
    InsyaAllah, diposting besok

    ReplyDelete
  19. jadi penasaran nich dengan si android..berharap saja suatu saat bisa memiliki gadget-nya :)

    ReplyDelete
  20. cuman bisa naksir punya android.. enak bisa ngeblog sambil mobile :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ya enak yang punya android,itu pun kalo ada pulsa :DD

      Delete
  21. aq pemakai android tpi aplikasi GOOGLE PLAYnya ga bsa d buka.......
    tlong bantuannya donk . . . ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di matiin duku, lepas batrenya beberapa detik masukan lagi terusnya lain lagi coba.

      Delete
  22. aku jg ga bisa. aku udah install, harusnya installnya berapa lama sih? soalnya di aku cepet bgt installnya takut salah hehe. tapi ga keupdate si marketnya kenapa yaa :((

    ReplyDelete
  23. Install nya harus pake sd card ya??? :(

    ReplyDelete
  24. mas, nanya nih..., gmn cara upgrade 2.1ke 2.3, info plizzzz

    ReplyDelete
  25. numpang nyundul gan,,,ane dah coba upgrade dengan berbagai cara mulai dari replace apk yg lama sma yg baru..trus juga clear data&clear chace...ok its work to run BUT saat download aplikasi yg mau kita install ada notificasi pembelian gagal df-bd 13 tu knp yah??ane coba uninstal trus instal baru lagi juga gtu??end than the last me install old version :'( ok to download and instal apk

    ReplyDelete