Bisnis Online | Sekolah Blog | & | Investasi Emas

Bismillahirrohmanirrohim


Assalamualaikum.


pic from here

Jika berbicara soal bisnis berbisnis mungkin ilmu saya masih jauh ilmunya dari yang sudah mempunyai status strata ataupun pangkat, tapi seorang seperti saya yang hobi ngeblog pun ada keinginan juga untuk bisnis online.Tetapi bukan sekarang, tapi ya sebisanya secepatnya. Kalo berbicara soal bisnis online mungkin logikanya akan terfikir jualan lewat internet. Dan kenyataannya memang seperti itu dimata semua orang.  Meski saya tahu cakupan arti bisnis itu sangat luas,tetapi kali ini saya bahas tentang pemasaran secara online. karena menggunakan media internet atau online sangatlah mudah memasarkan sebuah produk ke berbagai penjuru tanah air bahkan ke plosok dunia manapun tanpa ada batasan. Dan proses transaksi pun untuk jaman sekarang bisa dibilang sangatlah mudah mulai dari atm, paypal dan lainnya, semua serba instan gak hanya mie aja kan yang instan, mungkin beberapa puluh tahun kedepan teknologi bukan canggih lagi, tapi menjadi super-super canggih dan bisa memungkinkan seorang manusia hanya bekerja separo waktu dari pekerjaannya atau bisa jadi  tidak kerja sama sekali gara-gara yang namanya instan itu.

Ada segelintir orang yang merambah dunia blog hanya karena untuk bercerita, curhat, mengeluarkan unek-uneknya (seperti saya) bahkan ada juga orang yang menyalurkan bakatnya di bidang tulisan di blog. Dan tidak sedikit juga orang merambah dunia blog untuk bisnis dan  promosi. Mulai dari pakaian, pakaian dalam, dress, sandal, gadjet-gadjet, fasion, makanan, minuman, dan masih banyak lagi.

Kalau menurut saya sih ada beberapa hal yan harus di perhatikan dalam berbisnis online. Diantaranya :
1. Niat : Dimulai dengan berniat dalam dirinya dan percaya diri yang kuat itu modal awal untuk merambah dunia bisnis
2. Tekun : jadi serius menekuni dunia bisnis ini dengan sepenuh hati bukan setengah-setengah
3. Berani mengambil resiko  : dunia bisnis kalo menurut saya memang cukup kejam, apalagi ketika kita langsung terjun ke lapangan, saingan itu bukan hanya satu atau dua saja, melainkan bisa puluhan, ratusan, ribuan bahkan jutaaan #Soktahu ya? hehe ( temen saya juga soalnya ada yang merambah dunia bisnis online makanya saya sedikit dapet ilmu ).
4. Target  : bukan target siapa yang akan di tembak, melainkan target siap yang akan jadi sasaran bisnis online kita. Gak sembarangan kan kita juga memasarkan sebuah produk. Masa kita jual tas perempuan ke laki-laki. Nah di sini butuh ketelatenan mulai dari memikirkan target usia, umur. InsyaAllah kalo udah rezeki pasti ada pelanggan setia meski hanya satu patut kita syukuri, dan yang paling penting pelayanannya memuaskan.
5. Harga : Harga sebenarnya relatif ,karena menyesuaikan juga dengan bahannya. dan yang terpenting
6. Berdoa : berdoa semua orang sudah sangat tahu, karena yang merencanakan adalah Allah SWT, dan kita hanya di haruskan ikhtiar dan berdoa.
7. Untung & Rugi  :   Selalu bersiap menghadapi dua kemungkinan ini. Jika kita untung tingkatkan terus usahanya dan jiga rugi tentunya tidak dapat keuntungan dong??? ya ialah masa ya ia dong. Tapi rugi juga  pastinya bakalan mendapatkan sebuah keuntungan loh, apa keuntungan itu?. Kentungan itu adalah sebuah pelajaran dan hikmah. kenapa saya bisa bicara seperti itu, ya karena otomatis ketika kita mendapatkan sebuah kegagalan, rugi dan sejenisnya berarti ada sesuatu yang harus dicari dan di perbaiki, bisa di dalam diri kita, tim kita, atau segala aspek yang sangat berpengaruh di bidang bisnis itu sendiri. Dan ingat jangan abaikan hal terkecil loo, karena hal kecil,hal sepele maupun besar sangat berpengaruh dalam proses berbisnis, tidak teledor,cepat,tangkap,cekatan,cerdas tapi tidak ceroboh.

Sedikit cerita tentang teman saya yang berbisnis menjual kostum cosplay lewat online, tapi dia tidak menggunakan media blog melainkan Facebook. Dia menekuninya dengan sendiri, bahkan saya lumayan kaget juga dalam waktu 3 bulan, dia sudah bisa membeli hp baru sama motor. Itu kali ya keuntungannya, tapi seorang penjual online juga suatu saat pasti akan mengalami suatu kendala termasuk teman saya ini. Teman saya ini kena protes dan marah sama pelanggannya karena jadwal pengiriman barang telat seminggu. waduh kasihan ya? dia mulai keteter. Mungkin ada beberapa hal yang belum dikuasai sama teman saya ini sehingga bisa seperti itu.

Saya membuat blog sejak september 2009, selama itu saya selalu mengalami pasang surut dalam ngeblog, bahkan pernah mengalami tragedi copas yang tak beraturan :(. Pernah setahun yang lalu saya memikirkan bagaimana caranya ketika ngeblog dapet penghasilan pula. saya sudah pernah daftar di Google Adsense beberapa kali dan kena banned 2kali. menyebalkan. Saya berfikir ada gak ya pelatihan blog ataupun sekolah khusus blogger. Pengen ngerasain sekolah blog itu kayak gimana, apakah ada jurusan jurusannya, yang hobi nulis dipisah, yang berminat di bagian SEO dipisah, atau bagaimana gitu?? apa semuanya diajarkan  tidak mencakup satu atau beberapa hal saja. hm,, gak tahu deh saya juga belum ngerasain, dan pengen ngerasain yang namanya sekolah blog. ketika saya serach di google dengan kata kunci  "sekolah blog" ada sekolah blog yang muncul  sekolah ini didirikan oleh seorang bapak Asri Tadda. Saya jadi berkeinginan ikut sekolah blog, kayaknya banyak banget ilmu yang belum saya ketahui meski saya hanya sekedar blogger newbi yang mengandalkan tutorial-tutorial dari google saja. Dan sayangnya lagi sekolah blog ini berada jauh dari tempat tinggal saya, di luar pulau pula. Tepatnya di kota Makasar. ( Berbanggalah orang makasar punya sekolah blog ). Semoga Sekolah blog semakin meluas di Indonesia terutama di kota tempat saya tinggal, yaitu Sukabumi, Jawa Barat.

Ketika kita mendapatkan sebuah penghasilan dari blog, berbisnis,berdagang atau apapun, pasti sebagian orang akan menabungkannya untuk kepentingan lain, ya yang paling umum dibank biasanya. Tapi  kalo difikir-fikir uang di bank bisa terkeruk habis juga kalo di diamkan dalam jangka beberapa tahun, soalnya kan akan terkuras  jika pengambilan uang, atau biaya transfer, begitupun biaya administrasi perbulannya. Sebenarnya ngeri juga kalo begini. Lagian meski kita menabung sampe beberapa tahun yang akan datang kayaknya kebutuhan kita juga bakalan naik secara berkala naik sana sini. Nilai rupiah pun pasti akan terus turun. Seminggu yang lalu teteh saya membeli kalung sama gelang emas di toko emas didaerah kota Sukabumi masing-masing 1gram,  harga kalung senilai RP.400.000 dan gelang RP.400.000. Entahlah katanya harganya naik jadi RP.400.000. padahal tahun kemaren hanya RP.300.000. ternyata naiknya tinggi juga ya?? kalo nanti saya punya penghasilan masa ia di beliin kalung begituan, itu kan kalung sama gelang buat perempuan. Kalo misalnya beli emas batangan bisa kali ya? takutnya kalo uang di simpan di bank takut cepet abis tarik sana tarik sini, ATM kan sekarang dimana mana, ya mungkin sebagian di bank sebagian lagi di investasikan dalam bentuk emas/dinar.

Nah nih sekedar saran bagi pebisnis online, pedagang, guru, Pns, karyawan swasta jika mempunyai uang lebih ada baiknya sebagian di simpan dalam bentuk emas/dinar atau di investasikan juga boleh untuk jangka pendek, menengah  maupun jangka panjang supaya tidak kaget melihat masa depan yang serba mahal :) jaman sekarang harus bisa cari-cari akal supaya tidak kebobolan. Dan jangan mentang-mentang gaji anda sudah besar bisa tenang.  Rumus versi saya  putar + otak = hemat + menguntungkan.

89 komentar:

  1. Nyontek rumusnya ya: umus versi saya putar + otak = hemat + menguntungkan....

    ReplyDelete
  2. Guudd!!!
    Ayyoo bisnis blog!!
    Kita jual blog ini..
    hhahaha

    ReplyDelete
  3. keren rumusnya tuh Sep... saya setuju banget....

    trims artikelnya , sangat inspiratif....

    ReplyDelete
  4. satu lagi. jangan hanya mau terima untungnya aja. ruginya juga dong.. kalo rugi jangan langsung ngambek dan stop berbisnis. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan sudah saya jelaskan dipoin no 7 :D

      Delete
  5. Amin, semoga segera kebeli emas batangannya, bukan lagi kalung atau gelang emas untuk perempuan. :D

    ReplyDelete
  6. sempat kepikiran dulu mau bisnis lewat blog... tp gak tau caranya..
    sekolah blog boleh juga tuh,, klo ada sekolah blog onlen saya ikut deh..
    nice post yaa mas Asep..

    ReplyDelete
  7. rumusnya hebat tuh, otaknya diputer2 hehehe... jedor gak tahunya pindah kebelakang.. hoho piss...

    aku gak pernha beli emas lho wlpun perempuan wkkwkw... kagak mikir ampe kstu cuma nabung aja sih.ya walaupun aku cewek tapi bukan berti aku gak suka emas, klo liat bentuknya yg unik. Tapi herannya aku gak suka pakai emas. anting di telinga aja yg satu gram brasa satu kilo bert bgd, hahah kalung bikin iritasi leher, gelang bikin gak enak brasa ada yg ngiket tangan, cincin gak betah karna takut kena makanan hahah ngelantur bgd yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kan saya gak jelasin buat dipake, tapi di investasikan hehe :P

      tapi tergantung seseorang juga, bisa juga emas batangan dijadikan kalung kalo gak berat :D

      Delete
  8. Bisnis Online.... (^ ^
    Tahun lalu saya juga buat bisnis online....
    Jasa Pembuatan Logo....
    Sekalinya dapet client bayarannya gede...
    tapi untuk dapetin satu client aja berbulan bulan (T^T...
    Sekarang stop dulu.. Mau UN (T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti... lagi di STOP dulu (^ ^...
      Mungkin nanti dilanjut kalau sudah selesai UN (^ ^
      Doain ya supaya lulus SMK (^ ^

      Delete
    2. bentar lg UAN ya? ayo semangat ^^

      Delete
  9. waaaahhhh.. keren.. berat bahasannya.
    bisnis online, sekolah blog. tak pernah satu pun dari diantaranya terlintas dibenak saya, yang saya pikirkan cuma. ngeblog itu nulis di dunia maya, selesai. ternyata emang ga cuma itu ya. kapan2 deh pengen bener2 menggeluti dunia blogging hehhe.. makasi buat artikelnya Sep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mun saukur nuangkeun pendapat ieu mah teteh hehe

      Delete
  10. saya monetize masih gagal, orang indonesia itu paling malas klik iklan :(

    soal investasi emas/dinar memang paling bagus, aku ga suka uang kertas, sebab itu hanya senilai kertas seharga 3 sen dollar yang diberi nilai, sekian-sekian

    dgn kata lain sebenarnya uang Rp 1.000 sama Rp 100.000 itu sama saja yakni 3 sen dollar - kalau dilapangan nilainya bisa berbeda itu krn politik pemerintah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju tuh mas orang Indonesia masih malas klik iklan .
      yup sekarang udah naik loh mas jadi 5dolar bukan 3 dolar lagi :)

      Delete
  11. hebat itu temannya... 3 bulan udah bisa beli hp baru dan motor, saya aja bisnis online udah setahun belum balik modal... T_T *menyedihkan*

    ReplyDelete
  12. 7. Untung & Rugi : Selalu bersiap menghadapi dua kemungkinan ini,apapun strateginya yang pasti mencari untung sebesar2nya kerugian sekecil2nya...,:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul mas kalo bisa mencari untung sebesar-bearnya dan rugi itu bisa diminimalkan :)

      Delete
  13. haha, maunya untung nih sep, tuh rumusnya ... gak pkai rugi, okelah kalau begitu, semangat .. ^_^

    ReplyDelete
  14. wah ekonomi nya jalan banget nhe..
    aku setuju..
    :)

    ReplyDelete
  15. pengen sih bisnis online tapi ada beberapa hal yang membuatnya terhambat yg pertama saya masih pelajar sibuk dengantugas dan pr :p btw nice info sob ...

    ReplyDelete
  16. Dapat uang dari ngeblog, sesuatu banget ya sep ...

    Investasi emas memang jauh lebih menjanjikan ;)

    ReplyDelete
  17. saya pun sedang bermimpi agar dapat investasi emas..aku ikut mendoakan buat asep seorang.amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ayo nabung mbak :D.

      amiin semoga mbak juga^^

      Delete
  18. Bisnis online, gampang² susah, susah² gampang. hehehe :D

    ReplyDelete
  19. khusuk di bisnis online banyak rumusnya yah, ada 7 tuw.
    tp bener koq, gampang2 susah mmg. asyiknya klo dah bnyak yg tau, costumer mampir tanpa kendali. dollarnya juga. :)

    ReplyDelete
  20. sapa sih Kang yang ndak pingin dapatkan cring dari dunia maya? saya juga pingin kalo tahu caranya hhh. kayaknya sama, saya pernah kena banned juga sama si mbah. Tapi memang benar bahwa apapun dan dimanapun usaha kita, selalau membutuhkan point-point yang sampean jelaskan, ada kerja keras, ada resiko dan tentu ada keuntungan sebagai bonus dari semua yang kita lakukan itu.
    Investasi yang menarik saat ini kalo ada uang adalah beli emas batangan, kemarin nyoba beli yang kecil dan kalo diliat nilainya sekarang udah naik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bener mas, emas selalu naik kan 25% tiap tahunnya ^^

      Delete
  21. Sebenernya kl aku nge-blog alih2 ganti tulis catatan n nyimpen memori aja.. Skaligus sharing pengalaman n resep2 masakan (dasar ibu2 yaaah...). :)

    ReplyDelete
  22. wahh.. aku gak berbakat jualan via online hihi, padahal punya darah padang *lho, emang ada hubungannya* :))

    ReplyDelete
  23. saya dulu pernah ikutan sekolah blog bisnis di AsianBrain dan BBI. memang sekolah itu menyiapkan template2 dan shortcuts yang bisa memermudah pembelajaran kita.

    ReplyDelete
  24. hehe ngeblog sambil menghasilkan uang kan keren yak sep :D

    ReplyDelete
  25. saya juga pengen investasi emas...soale udah ngerasain waktu jual emas kemarin kita untung 500rb-an...lumayan kan klo punya emasnya banyak hehehe....

    ReplyDelete
  26. Putar otak biar bisa hemat? hmm.. oke deh kakak.. ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen sukses bisnis OL, soale selama ini ga kepegang... asep mo bantuin?... hiiaaa

      Delete
    2. ayo dong bun bikin twitter client yuk? ^^

      Delete
  27. Aaahhh.. aku juga pengen punya bisnis.. tapi gak tahu mau buat apa.. hahahaha... ntar deh klo punya ide baru deh aku buka bisnis.. sekarang jalanin kerja jadi PNS aja deh :P

    ReplyDelete
  28. koneksi'x jdi ssh kmen
    gomennn
    oia mksih postingan'x mmbwt q smngat berbisnis walau q skrg sdg ada kndala...XD
    n mksih atas ide'x
    drpda nbung d bank mndngn bli emas
    ide yg cemerlang....XD

    ReplyDelete
  29. wah, wah, wah... nice post, asep. tumben post-nya panjang :)
    aku mah nabung di celengan aja, kalau internet bisa menambah untung ya disyukuri, tapi jangan sampai terlalu bergantung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah tumben ya teh o_O
      hehe bener juga teh,jangan sampe tergantung juga ya? :D

      Delete
  30. memang emas atau dinar salah satu investasi yg bagus ya Sep..
    aku jg pengen bisnis online, tapi ya itu.. blm bisa tekun.. heheh

    ReplyDelete
  31. niat, itu yang paling susah menurut saya...

    ReplyDelete
  32. betuL gan brbisnis skarang lagi menjamak. coz menjadi buruh susah, apa lagi mnjadi PNS. hihihi kalo gak punya org dalam susah masuknya.
    mengenai bisnis oL. saya masih agak awam alias gapis (gagap pisan). mudah-mudahan poin diatas brguna untuk kedepan saya...

    ReplyDelete
  33. wahh bagus nigh artikelnya, penting banget nigh dikalangan blogger indonesia


    lanjut berkarya sobat

    thanks yaa krna uda ngerumusin

    ReplyDelete
  34. Hey nice blog! Salam kenal :D


    Jangan lupa visit back dan tinggalkan komentar ya!
    http://elfridachania-words.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. Wah ini ngomongin si Shino ya D:
    Doain atuh semoga distro online Bajing Tanah juga maju dan sukses yah.
    *belom buka sih, ntar ferbuari*

    ReplyDelete
  36. hoooooh jd pengen ikutan. tapi kira kira duit yang bakal kita dapet berapa banyak ya? $_$

    ReplyDelete
  37. suka sama rumusan nya putar + otak = hemat + menguntungkan.

    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terima kasih :D salam kenal juga. ^^

      Delete
  38. inves perlu banget, iyah emas makin lama makin mahal sep, 400an yah skrg

    ReplyDelete
  39. saya juga sudah melakoni bisnis online dan akhirnya nilainya pun memuaskan

    ReplyDelete
  40. hmm.. putar + otak = hemat + menguntungkan...
    hmm.. tetap rumit ya sep

    ReplyDelete
  41. investasi emas dalam bentuk non fisik aman dan terpercaya, profit yg dihasilkan jauh lebih besar dibandingkan dalam bentuk emas batangan atau emas fisik. Modal minimal 50jt anda sudah bisa menjalankan bisnis ini, profit bisa ditarik kapan saja. Untuk informasi lebih lanjut hubungi no 08987137481 atau 02292702634..
    Terima Kasih... :-)

    ReplyDelete