Hari Ibu : Si Umi yang tak pernah lelah

Bismillahhirrohmanirrohim.


Assalamualaikum.

Alhamdulillah masih di beri kesehatan dan kesempatan untuk menulis. Berdasakan info dari teman blog yang  lainnya. saya diberitahu acara  giveaway yang sangat bagus yaitu tentang potret seorang ibu dan kegiatannya. Yang mengadakannya Duet maut ibu ibu nu gareulis ti Bandung ada mbak nchie sama mbak dey. cek deh gareulis da ibu-ibuna ge hehe

Ok deh langsung saja ..

Setelah tahu tentang Giveaway ini saya langsung menghitung umur umi saya, dikarenakan saya lupa. Setelah saya hitung ternyata umur umi saya sudah 60 tahun. Ternyata umi saya umrnya udah segitu -___-

Umi saya seorang ibu yang aktif, apa saja selalu di kerjakan. Bulan-bulan ini saja umi sering di panggil untuk ikut membantu masak di tetangga untuk acara hajatan dsb, atau membuat papais ( kue orang sunda), enye, ranginang dan lain lain. Tapi untuk beberapa hari sekarang tidak ada pekerjaan. Jadi umi ada dirumah, meski di rumah pun umi tidak diam.  Selalu ada aja yang bisa di kerjakan. Bahkan untuk berjalan umi terlihat kokoh dan ia selalu berjalan agak cepat. Makanya nular ke saya jalan cepetnya hehehe

saya ambil contoh kegiatan umi pada 2 hari yang lalu. 

Umi saya selau bangun jam  3 pagi, dan telatnya umi bangun itu jam 4 pagian. Umi lalu ke kamar mandi mengambil air wudzu lalu sholat tahajud beserta dzikir, selesai sholat umi tidak lekas tidur kembali, tapi umi menunggu subuh dengan sebari dzikir. Itu kegiatan umi setiap hari ketika pagi sebelum melakukan aktifitasnya. 
Jika saya tidur terlalu pulas , terkadang umi selalu membangunkan saya pas adzan subuh, umi saya selalu tegas dalam soal ibadah, bahkan kalo saya tidak bangun untuk sholat, umi selalu ngomel dengan nada keras, tapi gapapa deh itu bukti kasih sayang seorang ibu.

Setelah jam 6 pagi umi baru masak, Setiap pagi umi kadang suka memarahi saya. Dikarenakan saya jarang makan pagi. sebenarnya saya malu udah gede gini masih di suruh makan, -__-  tapi itu salah satu perhatian umi ke saya. Beres masak umi nyapu halaman depan pas jam stengah 8 umi langsung menyimpan sapunya, dan langsung kekamar mandi dan wudzu, umi langsung menuju kamar dan mulai solat dhuha. kalo udah solat dhuha umi selalu khusu bahkan bisa 1 jam beserta dzikir. Saya pun terkadang selalu diingatkan untuk sholat dhuha. Maklum solat sunnat dhuha saya masih sekali-sekali. Tetapi umi saya melakukannya tiap hari :)
setelah selesai sholat duha, umi langsung kedapur membawa peralatan ke ruang tengah, entah apa yang mau di kerjakannya, umi langsung mengerjakan sesuatu. Dan ternyata umi sedang membuat Rangining ( sejenis makanan kerupuk yang terbuat dari tepung beras dan aci asli dari sunda ). Umi kali ini membuatnya seharian penuh. 

Umi sedang mengusun rangining dinyiru ( nyiru itu apa ya? kalo dalam bahasa indonesia? hmm..) saya foto diam-diam dari belakang hehe

Meski umur umi udah 6o tahun, tapi semangatnya masih muda, terkadang jika umi mempunyaii luka di jari atau tangannya, umi selalu mengabaikannya, toh katanya ntar bisa sembuh sendiri. Haduh saya sempat melihat dan memegang tangan dan jari umi, tangan umi udah terlihat keriput dan kasar, dan kenapa beliau selalu mengabaikan luka yang ada di jari dan tangannya itu. Hati saya menangis ketika memegang jari jemari umi.  Ini adalah tangan pekerja keras, ini tangan yang tidak pernah lelah, ini adalah tangan yang selalu aktif, ini adalah tangan hebat.


Tangan Umi

Selamat hari ibu ya umi, umi adalah ibu terbaik di dunia, saya selalu mengagumi setiap semangatmu, memang tersirat. Tapi itu adalah sebuah motivasi besar buat saya. Umur memang bukan sebuah halangan untuk selalu aktif dan terus bekerja keras, yang terpenting ikhlas menjalaninya dan terus ibadah untuk selalu ingat kepada-Nya.


Potret ini di ikut sertakan dalam Kontes Perempuan dan Aktivitas yang di  selenggarakan  oleh Ibu Fauzan dan  Mama Olive 

133 komentar:

  1. Hihi hebat umimu :D
    Kok yang keliatan tangannya :P

    ReplyDelete
  2. terharu dengan cerita asep...umi adalah ibu yg hebat, inspiratif.

    ReplyDelete
  3. @puteriamirillis ia mbak, memang inspiratif terima kasih ya mbak. :)

    ReplyDelete
  4. selamat hari ibu... dan semoga kontesnya suksess...

    ReplyDelete
  5. nitip ucapan selamat hari ibu buat umimu ya :)

    ReplyDelete
  6. Selamat hari Ibu...

    Salam buat Ummi yang hebat;)

    ReplyDelete
  7. @Yunda Hamasah selamat hari ibu juga, nanti saya sampaikan :)

    ReplyDelete
  8. Terima Kasih KAng Asep atas partisipasinya. Foto anda sudah tercatat sebagai peserta.

    ReplyDelete
  9. Selamat Hari Ibu,sukses untuk peran wanita dalam pembangunan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara

    ReplyDelete
  10. selamat hari ibu, , semoga kontesnya sukses

    ReplyDelete
  11. selamat hari ibu, semoga setiap hari bisa melakukan hal yg baik untuk umi, amin.
    smoga menang euy

    ReplyDelete
  12. ummi yg hebat..
    smga umminya sllu dalam lindungan Allah SWT.

    smga GA nya menang yaa..

    ReplyDelete
  13. happy mother's day!!!! semoga umi-mu selalu diberi umur panjang yah biar mas bisa balas kebaikannya. :)

    ReplyDelete
  14. umi asep hebattt~

    tangan uminya di pinjem buat difoto ^^

    ReplyDelete
  15. Umi-nya pinter bikin makanan tradisional ya ... mauuu ... hehehe

    Titip salam buat Umi ya, selamat hari Ibu, semoga selalu sehat.

    Terima kasih sudah berpartisipasi di acara kami, Nuhun oge tos disebat geulis .. :D.

    ReplyDelete
  16. @dey muhun mbak, hehe ia mbak sami-sami :)

    ReplyDelete
  17. Subhanallah, Uminya hebat dan masih aktif banget ya.
    Salam utk Uminya :)

    ReplyDelete
  18. postingan nya bagus,jadi ingat emak ni,,,

    ReplyDelete
  19. Salut buat umminya, semua ibu emang hebat.
    Selamat hari ibu :)

    ReplyDelete
  20. selmat hari ibu.....
    rajin sholat..jgn tinggalin sarapan hee

    gud luck ya.. kontesnya >>> :)

    ReplyDelete
  21. ibu adalah satu satu sosok mulia yang kilau-nya laksana intan permata menghiasi seluruh aktifitas kehidupan manusia yang terlahir dari rahimnya, dan takkan ada satupun yang dapat menggantikan sosok ibu di dunia dan di akhirat, karena ibu adalah salah satu pintu menuju surga-NYA,
    selamat ber-kontes ria sobat..salam sukses selalu, happy mothers day :-)

    ReplyDelete
  22. Seumuran mamaku, dong...

    Selamat hari ibu buat Umi..

    Gudlak ya, Sep. Moga menang. Aku lom dapat foto untuk kontes ini.. :D

    ReplyDelete
  23. @DewiFatma wah samaya mbak :D terimakasih mbak. ayo ngubek-ngubek foto lg

    ReplyDelete
  24. Wih rajin banget ibadahnya ummi kamu kaz. Ngiri euy, pengen bisa ibadah rajin kaya gitu.

    ReplyDelete
  25. Perjuangan seorang ibu memang tiada akhir dari kita dalam kandungan sampai kita sebesar ini adalah berkat dari perjuangan seorang ibu dan juga doa-doanya yang tidak pernah berhenti dari bibir beliau untuk kesuksesan anak-anaknya..
    Terima kasih ibu...
    Saya belum bisa membalas kebaikan ibu

    ReplyDelete
  26. selamat hari Ibu....
    :)
    semoga ibu km selalu sehat dan panjang umur....

    ReplyDelete
  27. Marilah kita sedikit membalas kabaikan ummu dengan berbakti dan menjadi anak sholeh sahabat

    ReplyDelete
  28. Salam Kenal asep,
    dari cerita asep kelihatan jelas, umminya asep ingin membimbing anak-anaknya di dunia dan nanti di Akherat dengan selalu mengingatkan untuk sholat. how lucky u. Mumpung kita masih punya kesempatan, yuk kita bahagiain ummi-ummi kita.

    ReplyDelete
  29. Doa dan kasih sayang seorang ibu tidak akan terbalaskan oleh kita saudaraku..
    hanya doa-doa dan sikap serta tingkah laku kita yang baik kepada ibu akan dapat sedikit membalas kabaikannya saudaraku

    ReplyDelete
  30. @abufarras iabetulbanget hanya doa dan tingkah laku :)

    ReplyDelete
  31. Saya paling suka makan rengginang.. Ah seandainya rumah saya deket dengan rumah Asep, pasti saya main kesana, sambil berkenalan dengan Umi Asep :)

    ReplyDelete
  32. beruntung kang asep masih selalu bisa ketemu dgn umi nya ...saya hany abisa ngobrl lewat hp kang

    ReplyDelete
  33. @al kahfi ia alhamdulillah kang. sabar ya kang ? :)

    ReplyDelete
  34. Ibu kita hampir samaan ya, ibu Nay juga sering dapet panggilan masak di acara tetangga, masakan ibuku maknyuuuss...

    aku bangga jadi anakknya :)

    salam hormat buat umi nya ya kang ^__^

    ReplyDelete
  35. to tweet nya :)
    emang gk ada habis nya deh perjuangan sang Ibu untuk anak nya,.
    nice post bang :)

    ReplyDelete
  36. Selamat hari ibu utk semua perempuan atau ayah yang karena takdir harus 'menjadi' ibu utk sang buah hati. Semoga kita semua menjadi anak yg lebih berbakti pada ortu kita masing-masing:)

    ReplyDelete
  37. Subhanallah.
    Ibu memang makhluk yang tak kenal lelah.
    Selamat hari Ibu..
    Semoga Ibu kita diberikan kesehatan, rezeki, dan umur yang barokah.
    amin..

    ReplyDelete
  38. selamat hari ibu bagi ibu2 keren di dunia dan juga ibu2 keren yang sudah tidak lagi berada di dunia melainkan di surga. :))

    ReplyDelete
  39. Selamat Hari Ibu untuk Uminya ya Sep... Semoga Allah melimpahkan berkah dan lindungannya agar Umi tetap sehat, kuat menjalankan ibadah2nya serta senantiasa dapat mencurahkan kasih sayangnya terhadap anak2nya. Amin.

    Sukses untuk kontesnya ya... semoga menang. :-)

    ReplyDelete
  40. Subhanallah.. Salam buat Umi ya Sep... Ibu yang hebat, ibu yang kuat, Ibu yang Taat dan Ibu yang sehat. Selamat hari ibu Umi, semoga kesehatan selalu bersama umi dan asep sekeluarga, Amin..

    Saya jadi rindu sholat jamaah sama bapak emak hehe

    ReplyDelete
  41. tangan kokoh itu juga yang dulu menggendongmu dengan lembut ya Sep.. semoga Ummimu selalu sehat ya...

    Selamat hari Ibu buat Ummi :-)

    ReplyDelete
  42. emang mama itu superhero deh :)
    keliatan dari tangannya umi kamu.. sama kayak tangan mama aku, tapi mama aku masi umur 51 ..

    semoga menang ya :)
    kita bersaing loh :)
    hehehe
    tp aku blon dapet fotonya :(

    ReplyDelete
  43. salam kenal yah buat uminya asep.. hebat sekali yah.. masih aktif, 'n jiwanya memang pekerja keras ya
    eh ranginingnya keknya enak tuh.. boleh donk dibungkus.. hihihi..

    ReplyDelete
  44. Masyaalloh,,.. ajieb,,.. i luv mom...

    ReplyDelete
  45. eh Kaz,. itu rangginang yang macam kerupuk trus nanti di goreng itu kan?? aku juga pernah tau dan sering makan. tapi di gambar itu warnanya pink yah?? unikk,. belum pernah ngerti. ato jangan2 beda?? hehe..

    selamat hari Ibu Kaz... maaff baru bisa main lagi. hehe

    ReplyDelete
  46. tangan yang kuat dan tangguh
    dan itu milik ibumu..
    salam ya buat Ibu
    semoga sukses kontesnya...

    ReplyDelete
  47. Salam hormat utk Uminya ya...? Beliau wanita yg sungguh hebat. Salut deh.

    Selamat berkontes, semoga menang ya? :)

    ReplyDelete
  48. nyiru itu tampah bukan?.. anyaman bambu berbentuk bulat.

    waah kerja keras emak untuk kehidupan.

    hebat.. dibalik kerutan tangannya pasti ada cinta untuk anak-anaknya

    ReplyDelete
  49. eh ibu kamu beda satu tahun sama ibuku hehehe
    ^___^ good luck ya kontesnya

    ReplyDelete
  50. ibu yang hebat. semua ibu memang hebat :) salam buat uminya, ya. good luck juga untuk kontesnya :)

    ReplyDelete
  51. Happy mothers day kaz, wah.... baru mampir saya nih.... sibuuuuuk >·<

    ReplyDelete
  52. weleeehhh... bikin ceurik ini mah baca postingan si asep,, ditambah backsound deui,,,

    Selamat Hari Ibu buat semua Ibu2 hebat di dunia ini.. Mom's Always Listening ALways Understanding

    ReplyDelete
  53. selalu ada cerita tentang ibu kita yah.... semoga memang kontesnya... aamiin

    ReplyDelete
  54. selamat hari ibu mas semaga semakin berbakti pada ibu kita aminnnn

    ReplyDelete
  55. cerita yng haru
    membuat aku jadi malu
    melihat Ibu Ibu
    semangatnya menggebu
    dan tak mengeluh atau jemu

    selamat hari ibu....

    ReplyDelete
  56. ibu yang hebat :)
    dan semua ibu didunia itu hebat :)
    salam ya kakak buat uminya :)

    ReplyDelete
  57. itu yang di siapin sama ibu kamu Renggina ya ?
    cerita perjuangan ibu tak kan ada habisnya ditulis hingga sejuta halaman
    tapi biarkanlah anakmu ini menulis 1 halaman saja agar ada sisa kenangan dalam hatiku untukmu ibuku

    ReplyDelete
  58. Ranginin kalau di jawa namanya Rengginan. Kadang curahan kasih sayang ibu sering berrwujud sesuatu yang tidak kita sukai. Tapi, Itulah Kasih Ibu.
    "kalo saya tidak bangun untuk sholat, umi selalu ngomel dengan nada keras"
    Selamat Hari Ibu

    ReplyDelete
  59. @Andy di sunda kan ada rengginang sama renggining, beda bahan aja sedikit.ia betul di tulis pun sepertinya tidak akan habis :)

    ReplyDelete
  60. @zaki.wawan itu ranginingnya . selamat hari ibu juga :)

    ReplyDelete
  61. met hari ibu ya,,,,,,,,,,,,,blog nya dah ku follow ditunggu folbac nya,,,

    ReplyDelete
  62. Tangan cekatan yg bisa bekerja demi keluarga tercnta
    Nice shot.

    Sukses dg lombanya yah kk

    ReplyDelete
  63. Sep... cepet banget kirim komentarnya? hehehe
    Have a nice weekend ya?

    ReplyDelete
  64. @the others... hehe ia dong mbak :) have a nice weekend juga mbak :)

    ReplyDelete
  65. benar kata umi-mu sholat wajib jgn bolong2 :)

    ReplyDelete
  66. apa yang telah diberikan oleh ibu kepada anaknya itu tulus dari hati dan tak pernah berharap untuk berbalas. kita harus bisa mencontohnya dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari2.

    selamat mengikuti giveaway dan semoga menang ya. :)

    ReplyDelete
  67. waw, postingan menggugah jiwa kak
    jadi terlihat jelas bagaimana emang kasih sayang ibu kepada kita

    btw, kunjungan pertama sob
    ijin follow
    dan ijin ikat persahabatan :D
    tq atas postingannya

    ReplyDelete
  68. Subhanallah,,Ummi istiqomah sekali nih Mas Asep,,salam untuk beliau ya,,

    Selamat hari Ibu,

    Semoga menang ya ☺ ☺ ☺

    ReplyDelete
  69. keren boy.. ceritanya...

    salamkenal yaaa..

    ReplyDelete
  70. yang paling penting..
    tetap bahagiakan ibumu... XD

    ReplyDelete
  71. wah udah lewta yah gpp aku pengen ngucapin salam buat umi kamu hehe...sampaikan lho... hoho
    aku suka dgn cara bangunnya jam 3.. hehhe

    mudah2an kamu dapat jodoh yg istrinya suak sholat malam aminn... dan penerusnya....

    oh iya jagan lupa salam suruh pakai jilbab yang manis yah... hehe...

    ReplyDelete
  72. wah ini mnginspirasi bgt, umur 60 tahun, ga mngeluh meskipun luka dam lainnya, yg muda zaman sekrang banyak mengeluh aj..

    ReplyDelete
  73. lg ikut kontes ya sob, tulisannya bagus, semoga menang ya...
    Ibu itu adalah malaikat hidupku sob,
    I love U mom....

    ReplyDelete
  74. Subhanallah.. umi umi umi..
    sungguh besar jasamu..
    semoga kelak kita semua bisa membahagiakan umi kita yaa :)
    salam kenal^^

    ReplyDelete
  75. Subhanallah.. kasih sayang ibu sepanjang masa..
    I love u mom! you're my everything :) ibu adalah pahlawan :) nice posting kak :) salam kenal.. berkunjung :)

    ReplyDelete
  76. salam buat umi ya soppp...

    abdi sono ka mak euy.

    ReplyDelete
  77. Salute untuk Umi. Salamin nya Sep ti Teteh

    i love my Mom ;-)

    ReplyDelete
  78. jadi agak sedih nih...., ibux tua banget ya.. tuaan ibu kamu drpd Ibu saya...

    semoga Ibux selalu diberi Umur Panjang.., kesehatan.., semangat Ibadah yg gk pernah kondor Aamiin3 yaa Rabb.....

    ReplyDelete
  79. T_T

    sayangii beliau ya kaz^^
    mudahmudahan beliau slalu dlam lindungan Allah SWT, sehat selalu.
    aamiin

    ReplyDelete
  80. q terharu baca.x
    umi.x hebat sekali...
    ibu emng hebat...:)

    ReplyDelete
  81. jadi inget ibu di rumah, saya doakan semoga umi selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan selalu menjadi umi yang hebat dimata anak-anaknya

    ReplyDelete