Cerita kegagalan

Bismillahirrohmanirrohim 

Assalamualaikum.

pic fromh here


Seharian ini saya mengikuti sebuah tes, dan alhamdulillah perkiraan saya lancar dan tidak terlalu sulit. Tapi pas tadi jam setengah 5 sore diumumkan, ternyata saya saya tidak lolos. Padahal tes yang saya ikuti ini adalah tes yang saya idam idamkan dari jaman smp. Saya gagal tes untuk yang satu ini untuk kedua kalinya. (di tekankan  hanya untuk kedua kalinya untuk tes yg satu ini) saya sering mengalami kegagalan tes lebih dari 10 kali. Tapi ini yang paling menyakitkan buat saya. bukan sakit karena atau apa, tetapi kecewa kepada diri sendiri yang terlalu optimis. (jangan tanya  apa tesnya ya? pokoknya ada lah)

jam 5 saya pulang, ketika di dalam angkot, saya blog walking dengan hp butut saya, pas blogwalking ke blognya mbak fany, ada postingan terbarunya yang berjudul  "Jangan Menyesali Diri" saya baca, ntah kenapa memang perasaan saya tadi sore memang benar-benar kacau, hancur lebih hancur dari putus cinta :P

seolah olah judul itu bicara kepada saya.

Jangan Menyesali Diri        :   jangan sesali dirimu!

saya                                 :  entahlah saya baru menemukan momen yang sangat tidak enak begini, walalupun sebenarnya masalahnya ada dan terletak pada diri saya sendiri. Tetapi sekarang saya tidak bisa mengendalikan hal buruk itu, bahkan saya sangat menyesal pada diri saya sendiri, hari ini.

Sesampai di rumah, saya langsung istirahat dan minum, dan saya mulai menceritakan kegagalan saya kepada orang rumah,orang rumah memaklumi dan menasehati. Saya langsung mandi, ganti baju terus berangkat ke mesjid. Di perjalanan pulang solat dari mesjid, saya merenung apa yang terjadi pada diri saya? apa ada yang aneh pada diri saya? kenapa orang yang sedikit dibawah saya bisa lulus? kenapa saya begini? saya sudah bekerja keras tapi kok begini?

Sesampai di rumah saya tidak langsung masuk rumah, tapi saya duduk di teras rumah terlebih dahulu, beberapa menit sejenak. Saya langsung menemukan sebuah jawaban. Dan ini jawabannya.

1. Selama ini saya jarang ngaji, ya seminggu bisa ke itung beberapa kali, dan saya pun terkadang mengakhir akhirkan waktu sholat, dan terkadang saya selalu membentak jika di nasehati. Solat sunnah jarang sekali, dan bahkan solat kemesjid jarang, saya pun jarang sekali dzikir, saya pun jarang berdoa sungguh2 sama Allah. Terkadang saya sok tahu, saya suka iri. Sungguh saya ini bodoh, hampir melupakan sang pencipta Allah SWT. Dan hampir perlahan menjauh. Astagfirullah  -__-.

2. - Kebaikanmu akan membawamu kepada kehidupanmu  -
   -  Sifatmu akan mempengaruhi kehidupanmu -
   -  Dengki dan emosi akan mempengaruhi kehidupanmu -
    - kebohonganmu akan mempengaruhi kehidupanmu -



Ternyata 2 poin diatas yang harus saya renungkan dan saya perbaiki.

Setelah selesai merenung, saya pun lantas membuka pintu rumah dan saya masuk keruang tengah, dan saya tulis cerita yang ada diatas ini, Oh ia buat mbak Puteriamirillis, nanti saya kerjakan PRnya tapi tidak sekarang ok, soalnya kepala saya masih sedikit kurang baik. :)



36 komentar:

  1. *pukpuk*
    Mungkin ada jalan lain yang lebih baik tapi belum ketemu, hmmm :D
    Tetep semangat yahhh sep \:D/

    ReplyDelete
  2. terkadang apa yg anggap angan2kan sdh di depan mata dan kita anggap yg terbaik nmenurut kita,,tapi begitu sdh dekat gagal,,kalau melihatnya pd saat itu mmng sgt menyakitkan,,tapi di balik kegagalan itu sebenarnya ada hal yg lebih besar kelak menanti asal yakin dan yg paling utama berbuat baik lah terus,, kelak kan dapat hal yg lebih besar,,,baik itu pekerjaan ataupun dalam hal rejeki,,,(pengalaman pribadi)

    ReplyDelete
  3. Intinya.. jadikan kegagalan sebuah kesuksesan yang tertunda... itu hanya masalah waktu...

    Entah dapet kutipan dari mana ini (~_~

    ReplyDelete
  4. @ Untje van Wiebs : makasih na. hari ini aku kayakmau nangis tapi aku tahan tahan :((

    @ al kahfi : insyaAllah kang :) terimakasih masukannya.

    @ Kak Rin!!! : ia makasih deh ya? :D

    ReplyDelete
  5. Hidup itu seperti hukum III Newton,Sep.. *aksi yang diberikan akan sama dengan reaksi yang kita dapatkan. Ada akibat,pasti ada sebab sebelumnya.. :) dan tdk semua org bisa tau apa penyebabnya :)


    Keep fighting aja.. Tetap berusaha :D

    ReplyDelete
  6. @Salki Sasmita : setuju teh dengan hukum itu

    ReplyDelete
  7. berterima kasihlah dengan masalah yang menghampiri dan jangan pernah menyesali apa yang telah kita lewati.

    Bahwa kesulitan-kesulitan hidup bisa jadi tasbih untuk mengingat Sang Maha Kuasa serta bisa menemukan pengetahuan diri yang baru sehingga kualitas Kemanusiaan menjadi lebih baik...yukk tetap semangat ya Bro..

    ReplyDelete
  8. @Ririe Khayan : terimakasihmbak. itu sangat memotivasi saya :)

    ReplyDelete
  9. kegagalan adalah kunci kberhasilan sobb.,

    ReplyDelete
  10. jadikan kegagalan tantangan untuk di lewati bukan untuk di sesali mas

    ReplyDelete
  11. coba lagi Sep... kan belum 10 kali. hehehhee..

    sabar Sep... tuh langsung dapat hikmahnya kan..

    Langsung instrospeksi diri kan...

    Semangatttt...

    Btw, music backingnya bikin merinding...

    ReplyDelete
  12. @Rika Willy ia,nanti saya coba lagi mbak :)

    wah masa bikin merinding :)

    ReplyDelete
  13. Kalau kata orang, menyesal itu hanya untuk orang yang merasa usahanya belum maksimal.

    usahanya ga maksimal ya?

    selamat merenung dan istirahat :)

    ReplyDelete
  14. sabar... pasti ada hikmah dibalik setiap peristiwa,, dan yakini tuhan masih menyimpan yang terbaik buat kamu,,,

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah...
    mari bermuhasabah :)
    segala sesuatu untuk yang terbaik~ InsyaALLAH

    ReplyDelete
  16. asep asep jangan kelamaan galau. move on! semangat! ya ya ya!

    ReplyDelete
  17. Hal seperti ini seringkali terjadi dalam kehidupan kita Sep. Bukan hanya kamu yang alami ini, adik mba sering banget tuh alami kegagalan demi kegagalan, padahal kalo diukur sih, mba yakin dia punya kemampuan yang lebih dari yang lain, tapi ya itu tadi, terkadang banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang, bukan hanya kemampuan. Tak bisa dipungkiri, terutama dinegeri kita ini, faktor relasi dan keberuntungan masih sangat dominan dalam keberhasilan seseorang.

    Udah bener tuh renungan kamu Sep, setelah upaya keras, berdoa dan ibadah adalah faktor utama lainnya dalam menggapai impian. Tetap semangat yaaaa....ayo senyum.... kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. percaya deh.

    ReplyDelete
  18. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
    Test TOEFL?
    Test JLPT?
    Test IQ?
    Test...
    Naon?

    ReplyDelete
  19. halah kita sama kok sep :D
    haha tapi tetep semangat yak

    ReplyDelete
  20. hmm.........
    kegagalan hanyalah kesuksesan yg tertunda atau telat datangnya.....
    tetep semangat....
    :)

    ReplyDelete
  21. Hebat deh, Mas Asep bisa tahan blogwalking di hape. Saya sih mana tahan, di hape SE K850i berinternet ria. Layar kecil, mau ngetik juga males. :D

    ReplyDelete
  22. Jangan kelaman kecewanya. Ntar lah kita bareng kesananya. Wokeh!

    ReplyDelete
  23. jangan patah semangath yah Sep. harus dicoba lagi kalo ada kesempatan. Insya Allah ini keberhasilan yang tertunda :-)

    ReplyDelete
  24. Hebat Laaah Mass Asep... Keep spirit...

    ReplyDelete