Joni dan Buku

Joni adalah orang anak yang boleh di bilang yang terpintar di kelasnya, bahkan dia sering juara kelas, dia sering sekali menghabiskan waktunya dengan membaca, mencari sesuatu yang menurutnya penting untuk di baca, bahkan saking seringnya dia membaca, dia selalu lupa waktu. ketika sedang di kelas terkadang dia lebih ingin menyendiri, menyendiri pun tentunya dengan membaca, ketika di kelas joni pun sering menjwab pertanyaan pertanyaan yang di ajukan gurunya dengan benar. si joni juga tidak terbiasa menyapa temannya bahkan tidak pernah,.

Suatu hari ketika joni sedang berjalan, teman sekelasnya pun menyapanya " jon main dong dengan kita-kita" si joni pun menjawab "maaf, saya tidak suka membuang-buang waktu saya dengan bermain, si joni pun langsung berjalan ke arah kelasnya.http://www.smileycodes.info

ketika dirumah pun si joni tidak lepas dari buku-bukunya, sampai berjam jam sampai sholat pun dia tinggalkan. ketika itu ibunya bertanya " joni kamu sudah sholat?" si joni pun menjawab dengan gampangnya "sebentar lagi bu", berjam jam berlalu si joni pun melupakan sholat(ibadah) bahkan waktupun menunjukan ke arah waktu sholat yang selanjutnya. berhari hari dan terus berhari hari kelakuan joni terus seperti itu, bahkan ketika tiba waktu sholat datang dia selalu diingatkan oleh ibunya untuk segera sholat, tetapi dia selalu mngeluarkan seribu alasan. saking pintarnya kali ya jadi sering ngelak dan nge les.



Suatu hari ketika joni sedang enak-enak membaca di halaman rumahnya,http://www.smileycodes.info datanglah seorang temannya si erik, di sengaja mengunjungi joni karena di mempunya kesulitan dengan pelajaran di kelas. " hai jon boleh minta bantuan ga nih, aku mau kamu bantu aku jelasin tentang pelajaran ini" si joni menjawab, "maaf rik aku lagi sibuk". si erik pun memaklumi keadaan si joni.
joni hobi membaca dari kecil, di kamarnya pun terjejer banyak buku tersusun rapih,tapi tidak dengan sifatnya yang buruk itu.


pada saat itu hari sudah malam ketambah pas hari itu kampung si joni sedang ada pemadaman bergilir, si joni pun berjalan dengan hati-hati mencari lilin yang berada di laci ruangan tengah, setelah dia mendapatkannya dia pun lekas kembali ke kamarnya da menyalakan lilin tersebut. dia pun melanjutkan membaca di tengah kegelapan yang di terangi dua buah lilin. berjam jam berlalu karena joni tidak tahan dengan keadaan redup, di pun mulain ngantuk ketiduran. Dia tidak mengetahui bahwa lilin yang ditempatkan itu pas samping buku-buku favorit dia yang sedang di tumpuk rapi itu perlahan mulai di makan api lilin, bahkan seperempat kamarnya terutama bagian bukunya terbakar habis. dia tidak menyadari karena dia tertidur pulas, ayah ibunya pun datang arah kamar joni dan berteriak "joni keluar joni keluar cepat ada api" perlahan joni pun terbangun dari tempat tidurnya dan dia langsung terkaget kaget karena sperempat kamarnya di lahap api termasuk buku-bukunya, dia langsung menuju keluar kamar, aya,ibu, dan kaka joni pun segera memadamkan si api dengan beberapa ember air, dan api pun padam. si joni pun masuk ke arah kamarnya dia melihat buku-bukunya yang dulu utuh dan kini menjadi abu seketika.http://www.smileycodes.info












14 komentar:

  1. yaelah brayy... gue kira si joni yg 'blak-blakan' hha

    kasin si joni bukunya pada kebakar, pasti ada hikmah dibalik semua ini....

    ReplyDelete
  2. wah kasihan si joni....bukunya ampe abis gitu

    ReplyDelete
  3. @aditya : namanya terinspirasi dari joni itu
    @sang cepernis : ia ya mbak

    ReplyDelete
  4. kasihan dunk bukunya terbakar
    tp itu hukuman kali ya buat joni?waktu habis untuk baca doank

    ReplyDelete
  5. Setuju kata s regas. Kirain joni yang blak-blakan -___-

    ReplyDelete
  6. jiaaaaaahhh.. aya-aya wae.. :D

    ReplyDelete
  7. @corat-coret: setimpal juga ya teh?
    @ lain : inpirasinya kan dari joni blak-blakang yang koplak
    @accilong : ia :) iseng aja nulis cerita, bagus atau ga nya gimana ntar.

    ReplyDelete
  8. Bagus biar Joninya inget waktu ga baca buku terus, sapa tau sifat buruknya hilang :D

    ReplyDelete
  9. @celotehan:ia betul
    @muhammad: siip
    @majalah: ia emang dibuat ngegantung

    ReplyDelete
  10. Kukira Joni blak-blakan, wkwkwkkw :D

    ReplyDelete
  11. kebakar ya, hahhhh, sayang tuh buku, kalo di bakar pake kecap enak gak ya ? wkwkwkwk :D

    ReplyDelete