AI-COR-SU History




Sejarah Ai.COR.Su

Siang hari Minggu yg panas terik, aku bergegas pulang dari tempat kerja. Aku hendak menepati janji pada seorang teman untuk menghadiri suatu acara. Kami berlima (Nami Hanazawa, Rei Recca, Prince Shinobu Igniel, Saiya Hime, dan Arie MantaBH) berkumpul bersama di tempat acara. Acara tersebut memberi inspirasi bagi kami untuk lebih mengembangkan budaya Jepang di Sukabumi. Cara yang kami pikirkan bermacam – macam, salah satunya dengan berbusana khas Jepang sambil berjalan – jalan di kota. Tujuannya agar masyarakat mengenal dan mengetahui budaya berbusana Jepang yang unik, menarik, dan inspiratif.

Maka pada tanggal 13 Maret 2010, untuk pertama kalinya kami mengadakan Gathering untuk membicarakan teknis rencana Street Cosplay (Cosplay Jalanan) kami yang pertama. Tempat yang dipilih adalah Jl.R.E.Martadinata, seberang Kantor Kotamadya Sukabumi. Peserta yg mengikuti Gathering ini berjumlah 13 orang. Karena keterbatasan waktu dan peserta, kami belum bisa memutuskan apapun untuk kelangsungan grup ini, kecuali hari ini ditetapkan sebagai Hari Ulang Tahun grup yang semula bernama Harajuku Club Sukabumi ini.

Minggu, 21 Maret 2010, Gathering kedua Harajuku Club diselenggarakan di suatu tempat di daerah Ciaul Baru. Hari itu untuk pertama kalinya 2 orang peserta berbusana Harajuku sesuai prinsip grup ini. Kami memberi contoh gaya berbusana Harajuku sekaligus berdiskusi mengenai kelangsungan klub. Kami juga merencanakan kegiatan2 yang akan dilakukan dalam club ini.

Minggu, 28 Maret 2010, Gathering kembali diadakan di Ciaul Baru. 8 orang peserta mengenakan pakaian bergaya Harajuku sederhana. Kegiatan yang dilakukan masih seputar perencanaan acara yang akan dilakukan oleh club ini. Pada hari ini juga ditetapkan bahwa club ini akan berjalan sendiri tanpa ada organisasi yang menaunginya. Dan pada tanggal 1 April 2010, Harajuku Club Sukabumi RESMI berpisah dari organisasi lain dan menjadi club tunggal yang berjalan sendiri.

Minggu, 4 April 2010, untuk pertama kalinya club ini mengadakan acara yang sekarang lebih dikenal sebagai Street Cosplay ~ Photo Session 1~. Peserta berjumlah sekitar 30 orang dengan setengah pesertanya berbusana Harajuku sederhana. Event ini sukses menyita perhatian pecinta Jepang di Sukabumi, dan menjadi tolak ukur event2 selanjutnya. Jalur yang ditempuh sepanjang acara adalah Gedung Juang ’45 ( tempat kumpul sebelum berangkat jam 9 pagi), Jl.Ir.H.Juanda, Jl.R.E.Martadinata, dan Secapa Polri. Pada hari ini banyak kontroversi yang muncul dari peserta berkaitan dengan nama club, yang pada akhirnya disepakati menjadi ai.COR.su (Aliansi Cosplayer Harajuku Sukabumi). Selain penentuan nama, kegiatannya masih seputar berfoto dan berkenalan antar sesama anggota.

Minggu, 11 April 2010, ai.COR.su diundang untuk menghadiri rapat terbuka oleh sebuah komunitas Jepang di Sukabumi. Rapat ini lumayan penting karena adanya suatu masalah yang menyebabkan sedikit perselisihan antara kami dengan komunitas lain. Hasilnya, ai.COR.su semakin menegaskan bahwa kami berdiri dan berjalan sendiri, tanpa ada campur tangan orang lain, organisasi lain, atau komunitas lain di Sukabumi. Kami memutuskan sendiri jalan kami, visi misi, tujuan, serta kegiatan yang akan dilakukan sesuai prinsip dan orientasi kami sejak awal.

Rabu, 14 April 2010, ai.COR.su mengadakan rapat kecil antar anggota tentang keputusan individu untuk tetap menjadi anggota club ini, atau mengikuti komunitas lain yang terpisah dari kami. Masalah ini dianggap selesai dengan beberapa anggota memilih berpisah, sedangkan yang lain tetap tinggal. Saat itu, anggota tetapnya baru berjumlah sekitar 13 orang.

Minggu, 18 April 2010 ai.COR.su turut serta dalam meramaikan konser J-Rocks di GOR Sukabumi. J-Rocks, yang merupakan major band yang juga mengusung tema – tema Harajuku dan Jepang dalam setiap penampilan mereka, merasa bangga dan sangat menghargai kreatifitas komunitas Harajuku di Sukabumi. Mereka memberi semangat agar kami lebih memperkenalkan budaya berpakaian Harajuku di Sukabumi, bahkan kalau mungkin hingga seluruh Indonesia. Dengan bangga dan bersemangat, kami menyatakan akan terus berjuang sampai tujuan dan impian kami tercapai. ai.COR.su juga menetapkan bahwa gathering member diadakan seminggu sekali setiap hari Sabtu. Sementara itu, anggota ai.COR.su makin bertambah setiap minggunya. Kegiatan yang dilakukan juga makin beragam. Hal ini menjadi pertimbangan pengurus untuk menetapkan struktur organisasi agar ai.COR.su lebih terorganisir dan tersusun.

Minggu, 9 Mei 2010 Event kedua yang digarap secara serius melibatkan 30 orang anggota tetap yang ikut berpartisipasi. Street Cosplay ~Photo Session 2~ melalui jalur yg tak jauh berbeda dengan session pertama bulan lalu. Gedung Juang, Alun – alun Sukabumi, Jl.Balaidesa, Jl.Ir.H.Juanda, dan Jl.R.E.Martadinata. Kegiatan yang dilakukan masih seputar berfoto ditambah sedikit Accoustic Performance, serta pemilihan Ketua dan pengurus. Rei Recca dinobatkan sebagai ketua umum, Saiya Hime sebagai Sekretaris, Ahira Myugi sebagai Penasehat, Shinobu Igniel sebagai Web Master, Luthfi Fariz sebagai Design Master, Aziz dan Alief sebagai Humas. Maka ai.COR.su telah berkembang menjadi sebuah organisasi beranggotakan 60 orang anggota aktif dan pasif, serta lebih dari 850 pengguna grup di Facebook.

Saat ini, ai.COR.su telah menjadi wadah bagi pecinta Harajuku dan budaya Jepang yang paling aktif di wilayah Sukabumi, dan merupakan GRUP COSPLAY PERTAMA di SUKABUMI. Anggotanya terus bertambah dan kini telah mencapai 80 orang. Kami melakukan berbagai kegiatan di dalam dan luar kota pada event besar dan kecil. ai.COR.su telah dikenal luas melalui berbagai media, di masyarakat lokal maupun nasional. Tanggal 1 Agustus 2010 telah diselenggarakan event lokal bertajuk Street Cosplay ~Photo Session 3~ di Sukabumi yang melibatkan 45 orang pecinta Harajuku dari berbagai kalangan. Event ini merupakan event ke-3 yang digarap secara serius oleh panitia. ai.COR.su berhasil memperkenalkan budaya Harajuku kepada para anggotanya, sehingga seluruh peserta dalam event ini mengenakan busana yang menarik dan kreatif, sehingga menarik perhatian masyarakat, bahkan yang tak mengerti Jepang sekalipun. Event ini berlangsung meriah, diakhiri nonton bareng film horror “Coming Soon”.

Dengan semakin berkembangnya kegiatan yang dilakukan serta meningkatnya jumlah anggota, tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan semakin melebarkan sayap ke seluruh aspek kebudayaan Jepang. Kebersamaan, anggota yang solid, dan kekeluargaan merupakan prinsip yang kami pegang teguh dalam organisasi ini. Namun, kami tetap tidak melupakan identitas kami sebagai bangsa Indonesia dan tetap memegang norma – norma yang berlaku di masyarakat. Harapan kami, ai.COR.su bisa menjadi wadah bagi pecinta kebudayaan Jepang di Sukabumi, menghasilkan karya – karya yang berguna bagi masyarakat luas, dan memberikan kontribusi yang berarti untuk mengenalkan budaya Jepang yang unik agar bisa dikenal dan diterima di masyarakat. Ayo terus berjuang, NAKAMA..!!

Susunan Kepengurusan ai.Cor.Su Sekarang!

Kapten :
Rei Recca (The Vampire Prince Of Flame)

Wakil Kapten :
Nami Hanazawa (Navigator)

Penasehat Umum :
Ahira Myugi

Sekertaris I :
Saiya Hime (Yankumi)
Sekertaris II :
Aimey Khumai (Blindness maria)

Bendahara I :
Prince Shinobu Igniel (Sniper)
Bendahara II :
Yukiko C Kanon (Still doll)

Admiral / Koordinator Divisi :
Azumo Muldie (Sweeper)
Arie MantaBH (BH *Bloody Hunting*)


Ketua Divisi Art Director: Uvie A (Design master)
- Akting
Aziz Shion (Archer)
ALief Nobi (Gensui)
- Design Grafer
Ihsan (DeathShadow)
- Make up artist
Hanajima (Lucifer)

Ketua Divisi Logistik : L Ndra kobayashi (Vizard)
- Peralatan
Shizen (Miracle TJ)
- Dokumentasi
Yorin (BZ Shooter)
- Konsumsi
Seirin (Maid-sama)

Ketua Divisi Humas : Upi L (Grief color)
- Mediator
Asep (The Magician)
- Konseling
Ajeng azura (Peri Biru)
- Keamanan
Near (Devil Knight)
Kazuno ( Silent Knight)
Yuza (Blue Knight)


Web Master :
Prince Shinobu Igniel

2 komentar:

  1. "Mau tanya gimana cara ya kalo ingin bergabung sama ai.Cor.Su?"

    ReplyDelete
  2. tiap hari minggu datang aja dulu, di dago,

    ReplyDelete